Laman

Tuesday, April 12, 2011

Camera Tossing - Materi Fotografi

Camera Tossing


Bermain-main dengan kamera memang menyenangkan. Membidik suatu objek, fokus, dan click. Semudah itu. Cara klasik tersebut memang telah banyak digunakan oleh banyak fotografer, baik yang profesional maupun yang “super” amatir sekalipun. Rupanya Ryan Gallagher, seorang fotografer amatir berusia 28 tahun dari Texas, sudah mulai bosan dengan teknik lama tersebut. Mulailah dia bereksperimen dengan caranya sendiri, yaitu dengan MEMOTRET SAMBIL MELEMPARKAN KAMERANYA KE UDARA!, yep! ke udara…

Apa yang didapat? sebuah fenomena teknik fotografi terbaru, yang disebut, Camera Tossing!
Apa itu Camera Tossing? Apa hasilnya? Bagaimana cara melakukannya?
Kita bahas perkembangan teknik penggunaan kamera digital yang paling asik itu disini!

Apa itu Camera Tossing ?
Camera Tossing adalah teknik fotografi kinetik, menggabungkan jumlah exposure yang disediakan oleh format kamera digital dengan prinsip Lomography, shoot-firts-ask-question-later, dengan cara melemparkan kamera ke udara dan membiarkan kamera tersebut mengambil gambar ketika berputar di udara. Serunya lagi, eksperimen-eksperimen yang dapat dilakukan tidak ada batasannya! Tergantung kreatifitas si pemotret, mau dilempar sambil bediri, jongkok, kayang, kuda-kuda pencak silat ataupun teknik lempar jumrah sekalipun terserah…asal jangan lupa nangkep lagi…

Who’s the first doin’ it professionally?
Pada suatu malam, 20 Agustus 2005, seorang Theater Production dari Texas, Ryan Gallagher, mencoba bermain dengan kreatifitas dan kamera butut murahannya, memotret lampu-lampu jalanan dan ketika doi (ceile.. bahasanya mas Boy banget dah) udah mulai bosen sama teknik yang itu-itu aja, akhirnya dia coba dengan memotret sambil melemparkan kameranya di udara. Hasilnya? sebuah teknik fotografi yang fenomenal tercipta…

Caranya gimana, Om?
Caranya, ada deh….(ngga..ngga..bisa-bisa gua dipecat), pertama lo setting aja exposure kamera digital lo ke settingan yang lebih lama (kalo ngga ngerti cara settingnya, lo baca aja manual ato ngga lo setting cameranya ke night), trus lo pencet tombol shutter-nya, dan lempar deh kamera digital jelek-butut-mahal-ribet lo itu ke udara, terakhir…TANGKEP! Segampang naek angkot yang lagi ngetem kan? Untuk permulaan motret aja dulu di ruangan tertutup dan usahakan berada di deket-deket bantal atau barang empuk laennya termasuk temen lo yang over-weight. kalo udah jago nangkep, baru deh pergi ke luar..cari objek-objek lampu-lampu yang menarik, lebih bagus kalo objek itu berupa rope-lights, atau kalo lo mau praktekin di tempat-tempat disko terdekat (termasuk Asmoro) yang memiliki berbagai macam cahaya yang keren.

Beberapa tosser (sebutan buat para pengguna teknik ini) memakai tali yang diikat pada kameranya atau tali yo-yo untuk memudahkan mereka menangkap kameranya kembali. Men-tossing sampai ketinggian 3 kaki (± 90 cm) merupakan permulaan yang baik bagi pemula, bahkan ada yang melempar sampe ketinggian 20 kaki (itung aja sendiri berapa meter). Enaknya lagi kegiatan ini bisa lo lakuin di mana aja, kapan aja,dan lo gak akan dapet hasil yang sama!

Jadi..cuman kamera digital aja yang bisa? Kamera mahal yang bokap gue beliin di Jerman ga bisa? (tanya seorang anak sma swasta jakarta utara berpakaian atas bawah baju distro, dan kalung metal berbentuk kuku Bima)

Oh, wahai anak belagu yang sangat tidak kekinian…, maksud lo kamera pretelan? tentu saja kamera yang dibelikan papi-mu itu bisa digunakan untuk Camera Tossing, asalkan lo pretelin dulu segala tetek bengek-nya…Dan setelah itu di-setting sesuai yang tadi sudah dibilang sebelumnya. Sebenarnya sekarang udah ada kamera tossing keluaran Satugo, berbentuk bola berwarna merah, yang dijual seharga $ 69, gak mahal-mahal amat bukan?

Sebenernya apa sih kelebihannya Camera Tossing?
Kelebihannya banyak. Lo bisa melatih kreatifitas lo, tidak terbatas! Bahkan karya-karya para tosser-tosser level tinggi udah di pamerin di Berlin dan Hamburg. Maka dari itu, dari sekarang setting kamera digital murah-butut-mahal-ribet mu, dan lempar tinggi-tinggi ke udara!


Salam kekuatan berawal dari hati  bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks