Laman

Friday, May 27, 2011

Mind- Set Belajar di Perguruan Tinggi

MODUL MIND_SET -inspirasi sobat prajab semua angkatan 22 Luar Biasa..........
Modul ini merupakan suatu ajakkan untuk jedah sebentar dari perjalanan pembelajaran diri selama ini, khususnya setelah penggal yang kita lalui di ..... selama beberapa hari ini. Jedah ini dimaksudkan agar kita bisa menoleh ke belakang, mencermati apa yang telah kita alami, dan merefleksikannya untuk memperoleh insight atas perjalanan tersebut. Jedah ini dimaksudkan pula untuk menerawang ke depan, ke titik perspektif yang hendak kita tuju. Apakah nampak jelas, samar-samar ataukah samasekali tidak nampak sebab terhalang oleh ’kabut’. Dalam jedah ini pula, manakala kita sudah menemukan peng-alam-an kita dan sudah punya kejelasan tujuan yang hendak kita capai; marilah kita menyetel ( set up ) mental kita, sehingga mempunyai ’mind-set’ yang sesuai untuk memasuki penggal perjalanan pembelajaran berikutnya. Diharapkan dengan ’mind-set’ yang sudah lebih sesuai perjalanan pembelajaran diri bisa lebih lancar dan mulus, Insya Allah.

Akan tetapi apa sebenarnya mind-set?
Dimana posisi dan perannya dalam diri kita?
Mengapa harus ’menyetel ’ mind-set?,
Mengapa perlu jedah?
Bagaimana setelan mind-set belajar di Perguruan Tinggi?
Bagaimana cara nyetelnya, dst.

Itu semua adalah beberapa pertanyaan yang jawabannya hendak dicari lewat modul MD-02 ini. Oleh karena itu, modul ini, terdiri dari 5 bagian, yaitu:
(1) Pendahuluan, mencari tahu apa arti mind-set, dimana kedudukannya dalam diri kita, dan mengapa kita perlu menyetelnya.;
(2) Jedah sejenak, mencari tahu mengapa masuk di Perguruan Tinggi ? Apa mind-set ketika masuk dan selama ini. ;
(3) Mind-set belajar di Perguruan Tinggi, menjelaskan setelan pikiran yang seyogyanya dimiliki  civitas academika di Perguruan Tinggi;
(4) Action Plan : Bagaimana kita dapat memutahirkan setelan mind-set kita agar lebih sesuai;
(5) Rangkuman , menutup modul ini.
Demikian isi modul ini, diharapkan setelah mengikuti modul ini mahasiswa dapat lebih secara sadar mengenali isi dan corak mind-set nya selama satu semester lalu, dan mengetahui mindset apa yang seyogyanya ada di diri mereka, kemudian bisa belajar menjadi mahasiswa dengan mind-set yang sesuai.
akan dibahas di halaman blog selanjutnya....... per bab......
saduran dari: Dr. Arlina Gunarya,MSc


salam kekuatan berawal dari hati  bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks