Laman

Tuesday, May 31, 2011

Naskah Video Pembelajaran

Contoh Naskah Video Pembelajaran

NASKAH VIDEO PEMBELAJARAN
“CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP”
 
A. LATAR BELAKANG
Guru adalah seseorang yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Tanpa adanya guru, kecil kemungkinan siswa dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan maksimal. Namun pada suatu saat guru juga dapat menghadapi kesulitan dalam proses pembelajaran. Misalkan pada saat memberikan pembahasan materi mengenai suatu pokok bahasan, banyak siswa yang kurang mengerti terhadap materi yang dijelaskan. Hal ini terjadi karena guru hanya menjelaskan pelajaran yang sulit dimengerti dengan kata-kata saja, meskipun telah diselingi dengan contoh.
Berdasarkan kenyataan tersebut peran media dalam pembelajaran sangatlah besar untuk membantu proses pembelajaran itu sendiri. Dalam menjelaskan pokok bahasan kepada siswanya, guru dapat menggunakan media yang sesuai, baik itu media audio, visual, ataupun media audio visual.
Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan dari manusia lebih dapat memahami dan mengerti apa yang dilihat dan didengar secara langsung oleh panca inderanya. Berdasarkan hal tersebut di atas, saya membuat sebuah media pembelajaran yang berbentuk audio visual. Media ini adalah media video pembelajaran yang berjudul “Ciri-Ciri Mahluk Hidup”. Dengan media ini, diharapkan dapat membantu guru maupun siswa untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

B. SASARAN ATAU AUDIENS
Program video pembelajaran ini ditujukan kepada siswa-siswi SMP/MTs kelas VII semester I, pada mata pelajaran Biologi. 

C. TUJUAN PROGRAM
Setelah menyaksikan dan menyimak program video pembelajaran ini, diharapkan siswa-siswi dapat:
  • Mengerti dan memahami ciri-ciri dari mahluk hidup, seperti bernafas, bergerak, makan dan minum, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsangan, dan mengeluarkan zat sisa.
  • Membedakan mahluk hidup dengan benda mati.
D. DURASI WAKTU
Durasi waktu video pembelajaran ini yaitu 25 menit. 

E. FORMAT PROGRAM
Program ini menggunakan format video dokumenter. 

F. GARIS BESAR ISI PROGRAM
Dalam video pembelajaran ini berisi tentang ciri-ciri mahluk hidup, seperti:
  • Bernafas (Respirasi)
  • Bergerak
  • Memerlukan makanan dan minuman
  • Tumbuh
  • Berkembang biak (Reproduksi)
  • Peka terhadap rangsangan (Iritabilitas)
  • Mengeluarkan zat sisa (Ekskresi)
G. SINOPSIS
Program ini menampilkan sebuah video dokumenter tentang ciri-ciri mahluk hidup dengan durasi waktu 25 menit. Tampilan awal dimulai dengan intro atau pembukaan dengan menampilkan beberapa gambar mahluk hidup dan benda mati., lalu diikuti dengan judul dari video ini. Setelah itu bagian-bagian film dari shot-shot dan sekuen-sekuen dokumenter yang menceritakan tentang ciri-ciri mahluk hidup, mulai dari bernafas sampai ekskresi ditampilkan. Dari penampilan tersebut diselingi dengan penampilan presenter yang menjelaskan tentang pengertian dari berbagai macam ciri mahluk hidup tersebut, dan juga beberapa teks atau tulisan tentang ciri-ciri mahluk hidup. Selain itu terdapat juga musik-musik pengiring, baik musik pembukaan, musik pengiring shot, musik jeda, dan musik penutupnya. 

H. TREATMENT PROGRAM
  1. Pada awal program ditampilkan beberapa gambar mahluk hidup dan benda mati, yang diikuti dengan caption “Mempersembahkan Video Pembelajaran” yang dilanjutkan dengan caption “Ciri-Ciri Mahluk Hidup” sebagai judul program, dan caption “Untuk Kelas VII SMP/MTs” sebagai penanda video ini untuk siapa, serta caption “Selamat Menyaksikan” sebagai tanda bahwa film akan dimulai.
  2. Selanjutnya memperlihatkan potongan-potongan shot yang pendek dari ciri-ciri mahluk hidup.
  3. Lalu presenter berbicara sebagai pembukaan video yang menjelaskan garis besar isi video pembelajaran tersebut.
  4. Dimulai dari shot-shot film yang menggambarkan ciri mahluk hidup yang pertama yaitu bernafas, dan diiringi dengan suara presenter yang memberikan penjelasan tentang gambarnya. Begitu seterusnya sampai semua shot tentang ciri mahluk hidup habis.
  5. Di akhir film shot-shot pendek kembali ditangkan untuk mengingatkan kembali, lalu diikuti dengan presenter yang berbicara dan menyimpulkan isi film tentang ciri-ciri mahluk hidup tersebut serta mengatakan bahwa film tersebut telah selesai.
Bagian paling akhir menayangkan kerabat kerja produksi film video pembelajaran, yang diikuti dengan caption “Sekian Dan Terima Kasih”.
I. SHOOTING SCRIPT
No
Visual
Audio
1
In BlackWipe
LS: Orang Berlari, Pohon, Batu, Sepeda Motor
Musik Pembuka:Fade In: In-Up-Normal-Down
2
Fade InLS: Orang Berlari dan CU Caption “MEMPERSEMBAHKAN VIDEO PEMBELAJARAN”
Fade Out
Musik:Fade In: Up-Normal
3
Fade InCU Caption Judul “CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP”
Fade Out
Musik:Normal
4
Fade InCU Caption “UNTUK KELAS VII SMP/MTs”
Fade Out
Musik:Normal
5
Fade InCU Caption “SELAMAT MENYAKSIKAN”
Fade Out
Musik:Fade Out: Normal-Down-Out
6
In Black
Musik Penunggu
7
DissolveMCU: Orang yang sedang merokok
MCU: Orang yang sedang makan
MS: Orang yang sedang berlari
LS: Anak kecil, orang dewasa, dan orang tua
Cut
Musik Tema:Fade In: In-Up-Normal-Down
8
Fade InMS: Presenter berdiri di taman dekat pohon-pohonan
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Normal-Down
Live:
Adik-adik siswa-siswi yang saya banggakan. Dalam video pembelajaran ini, akan menayangkan film yang membahas tentang ciri-ciri mahluk hidup.
Setelah menyaksikan video ini, adik-adik diharapkan dapat mengerti dan memahami tentang ciri-ciri mahluk hidup, serta dapat membedakannya dengan benda mati.
9
DissolveIn Black
CU Caption “CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP”
CU Caption “BERNAFAS (RESPIRASI)”
Musik Smash
10
DissolveMS: Orang-orang yang sedang merokok
MS: Orang menghela nafas ngos-ngosan
LS: Sapi yang sedang duduk
CU: Ikan berenang
ECU: Ikan berenang
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Ciri mahluk hidup yang pertama adalah bernafas atau respirasi. Bernafas yaitu proses pengambilan oksigen dari luar tubuh untuk proses pembakaran bahan makanan di dalam tubuh, dan mengeluarkannya dalam bentuk karbondioksida. Manusia dan hewan mamalia menggunakan paru-paru mereka untuk bernafas, sedangkan hewan laut menggunakan insang untuk pernafasan mereka.
11
In BlackCU Caption “CIRI YANG KEDUA”
CU Caption “BERGERAK”
Musik Smash
12
DissolveLS: Orang-orang yang sedang berjalan
LS: Anjing Berlari
LS: Orang-orang yang sedang berlari
MS: Ikan berenang
MS: Orang yang sedang menggerakkan tangan
CU: Tumbuhan
LS: Ayam
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Ciri mahluk hidup yang kedua yaitu bergerak. Gerak adalah kemampuan mahluk hidup untuk menggerakkan bagian tubuhnya, dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kemampuan manusia, hewan dan tumbuhan dalam bergerak tidak sama. Gerak manusia dan hewan mudah kita amati, karena mereka melakukan gerakan dengan tangan dan kakinya. Sedangkan gerakan pada tumbuhan tidak mudah untuk diamati, tumbuhan bergerak mengikuti arah datangnya cahaya.
13
In BlackCU Caption “CIRI YANG KETIGA”
CU Caption “MEMERLUKAN MAKANAN DAN MINUMAN”
Musik Smash
14
DissolveCU dan MS: Orang-orang yang sedang makan/ngemil
MS: Ikan sedang makan
LS: Ayam sedang makan
CU dan MS: Orang-orang yang sedang minum
CU dan MS: Tumbuhan
LS: Sapi sedang makan
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Ciri mahluk hidup yang ketiga yaitu memerlukan makan dan minum. Makanan dan minuman diperlukan oleh mahluk hidup untuk mendapatkan energi, membangun tubuhnya, dan mengganti bagian-bagian tubuh atau sel-sel tubuh yang rusak. Manusia memakan daging dari hewan yang bisa dimakan, dan memakan biji-bijian atau buah-buahan dari tumbuhan. Hewan juga memakan daging dan tumbuhan. Sedangkan tumbuhan hanya menyerap air dan unsur hara dalam tanah sebagai makanannya.
15
In BlackCU Caption “CIRI YANG KEEMPAT”
CU Caption “TUMBUH”
Musik Smash
16
DissolveMS dan LS: Bayi, anak-anak, orang dewasa, dan orang tua.
LS: Anak dan induk ayam
LS: Anak dan induk sapi
LS: Anak dan induk kambing
CU dan MS: Tumbuhan kecil dan besar
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Ciri mahluk hidup yang keempat yaitu tumbuh. Tumbuh berarti bertambah besarnya ukuran mahluk hidup, berarti yang semula kecil menjadi besar. Pertumbuhan terjadi karena adanya penambahan jumlah sel dan ukuran sel yang membangun tubuh mahluk hidup tersebut. Pertumbuhan pada mahluk hidup dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar. Faktor dalam, yaitu adanya zat hormon pertumbuhan dan keturunan. Sedangkan faktor luar misalnya lingkungan tempat tinggal.
17
In BlackCU Caption “CIRI YANG KELIMA”
CU Caption “BERKEMBANG BIAK (REPRODUKSI)”
Musik Smash
18
DissolveLS: Ayam betina dan jantan, anak ayam
CU: Telur
MS dan LS: Suami, istri dan bayi
CU dan MS: Tumbuhan
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Ciri mahluk hidup yang kelima yaitu berkembang biak atau reproduksi. Berkembang biak adalah kemampuan mahluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Pada umumnya semua mahluk hidup berkembang biak dengan cara seksual atau kawin. Tapi ada beberapa mahluk hidup yang bisa melakukan perkembangbiakan secara aseksual atau tidak kawin. Tujuan utama mahluk hidup berkembang biak adalah untuk mendapatkan keturunan dan mempertahankan kelangsungan hidup jenisnya.
19
In BlackCU Caption “CIRI YANG KEENAM”
CU Caption “PEKA TERHADAP RANGSANGAN (IRITABILITAS)”
Musik Smash
20
DissolveMS: Orang yang bercanda (salah seorang mencubit orang yang satunya)
MS: Orang yang menghalangi sinar matahari, dengan tangannya
CU dan MS: Tumbuhan
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Ciri mahluk hidup yang keenam yaitu peka terhadap rangsangan atau iritabilitas. Mata dapat melihat karena ada rangsangan cahaya. Kulit juga akan terasa sakit jika dicubit orang. Sedangkan beberapa tumbuhan akan menyiutkan daunnya jika disentuh oleh benda lain seperti putri malu atau lamtoro. Hal ini menunjukkan bahwa setiap mahluk hidup peka terhadap rangsangan dari luar.
21
In BlackCU Caption “CIRI YANG TERAKHIR”
CU Caption “MENGELUARKAN ZAT SISA (EKSKRESI)”
Musik Smash
22
DissolveMS: Orang-orang yang sedang merokok
CU: Orang yang keringatan
LS: Sapi dengan kotorannya
MCU: Orang sedang membersihkan kaca(menghembushan nafasnya ke arah kaca)
CU dan MS: Tumbuhan
MS: Kambing dengan kotorannya
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Up-Normal-Down
Off Screen Voice (OSV)
Ciri mahluk hidup yang terakhir yaitu mengeluarkan zat sisa atau ekskesi. Zat sisa dikeluarkan dari tubuh mahluk hidup sebagai hasil dari proses metabolisme tubuh. Manusia dan hewan mengeluarkan zat sisa dalam bentuk kotoran, air seni, keringat dan karbondioksida. Sedangkan tumbuhan mengeluarkan zat sisa berupa karbondioksida sebagai sisa dari proses pernapasan dan oksigen sebagai sisa proses fotosintesis.
23
In Black
Musik Penunggu
24
Fade InMS: Presenter duduk di sebuah taman
Fade Out
Musik Latar:Fade In-Normal-Down
Live:
Adik-adik siswa-siswi yang saya banggakan. Demikianlah tayangan video pembelajaran tentang ciri-ciri mahluk hidup. Semoga video ini bermanfaat bagi adik-adik semua, sampai jumpa lagi di lain kesempatan.
25
In Black
Musik Penunggu
26
Fade InMCU: Orang yang sedang merokok
LS: Ayam betina dan jantan, anak ayam
MCU: Orang yang sedang makan
MS: Orang yang bercanda (salah seorang mencubit orang yang satunya)
MS: Kambing dengan kotorannya
LS: Anak kecil, orang dewasa, dan orang tua
MS: Orang yang sedang berlari
Fade Out
Musik Tema:Fade In: In-Up-Normal-Down
27
CutCU: Animasi kerabat kerja
Penulis Naskah:…………………………
Sutradara:…………………………………
Presenter:………………………………….
Penata Musik:……………………………
Juru Kamera:…………………………….
Editing Film:…………………………….
Perlengkapan:……………………………
Musik:Fade In: Up-Normal-Down
28
CutCU Caption “SEKIAN”
CU Caption “TERIMA KASIH”
Musik:Fade In: Down-Under-Out




Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks