Laman

Thursday, June 9, 2011

Bagian I Thesis

Bagian I Thesis
1. Pengertian Tesis
Tesis adalah karya tulis dari hasil studi sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Orisinalitas dari tesis harus nampak, menunjukkan pemikiran yang bebas dan kritis. Penulisannya baku dan tesis dipertahankan dalam sidang.

Tesis bersifat argumentatif dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang memiliki bobot orisinalitas tertentu. Penulisan tesis (nantinya) mensyaratkan: kejelasan argumen, bobot argumentasi, kemudahan untuk difahami setidaknya oleh komunitas akademis, kegunaan praktis untuk masyarakat dan profesi. Tesis senantiasa mengasumsikan adanya argumentasi teoritis tertentu yang diacu. Penelitian tesis berupa pengajuan suatu toeri (baru), pengujian (penerapan) teori, assessment teori yang telah didokumentasikan. Argumentasi harus jelas dan eksplisit, akan
menambah pengetahuan pembaca. Argumentasi disajikan dengan mantap, tercermin dari kajian litaratur dan data pendukung.

Tesis memiliki bobot kebaruan, dari segi pengembangan teori atau konsep, tawaran metodologi yang tepat, atau ekplorasi data penting yang belum pernah atau jarang dilakukan. Kebaruan ini akan memiliki kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti. Tesis harus dapat dibandingkan dengan karya ilmiah lain (item pembanding: metode, waktu/ periode atau lainnya).
Karya ilmiah yang memiliki kualifikasi sebagai tesis mencakup: factor subtanstif (penguasaan materi bahasan, teori dan konsep), pemilihan metode yang tepat dan teknik pengumpulan dan analisis data yang tepat.

2. Tema/ Topik Tesis MTI
Tesis di MTI minimal mencakup dua dari tema-tema/ topik tersebut di bawah ini:
1. Konsep keamanan jaringan komputer
2. Jaringan komputer
3. Rekayasa perangkat lunak
4. Pemrograman berorientasi objek
5. Gudang data
6. Sistem basis data
7. Sistem informasi
8. Aplikasi komputer berbasis Web
9. Teknologi informasi dan masyarakat
10. Manajemen proyek TI
11. Antarmuka manusia dan komputer
12. Sistem pendukung keputusan
13. Komunikasi bisnis

Judul tesis dapat diusulkan oleh mahasiswa sendiri atau dapat berasal dari dosen-dosen MTI. Mahasiswa yang berencana mengajukan judul sendiri disarankan agar mengkonsultasikan judul tersebut pada dosen yang sesuai. Pada awal cawu akan ditawarkan judul-judul tesis yang berasal dari dosen. Semua judul yang dipilih baik dari mahasiswa maupun dari judul yang disediakan akan dievaluasi dalam rapat untuk disetujui.

Penentuan Judul harus didukung oleh minimal 3 (tiga) mata kuliah yang menguatkan (2 mata kuliah wajib + 1 konsentrasi atau sebaliknya).

3. Proposal dan Laporan Thesis
Pelaksanaan tesis meliputi kegiatan pengajuan proposal penelitian, pelaksanaan penelitian, penulisan laporan dan ujian tesis. Pengajuan proposal dilakukan melalui penyusunan proposal penelitian yang menggambarkan masalah yang akan ditelilti, usulan penyelesaian masalah, cara penelitian, dan cara analisis data untuk memperoleh hasil penelitian yang diharapkan merupakan jawaban akan masalah yang diteliti. Penelitian tesis dilakukan dengan cara sedapat mungkin sesuai dengan cara yang diajukan pada proposal, dapat dilakukan di laboratorium atau survey lapangan. Diperlukan penanganan yang baik dalam pengaturan waktu, bahan penelitian dan peralatan yang digunakan serta tempat penelitian.

Setelah selesai melaksanakan penelitian, mahasiswa diwajibkan membuat laporan penelitian. Laporan tesis disusun atas dasar pelaksanaan penelitian, dibuat mengikuti aturan penulisan yang berlaku menyangkut antara lain pada sistematika isi, format, bahasa, tata tulis, dan media yang diperlukan.

Tesis dipertahankan dalam sidang yang dihadiri oleh tim penguji, didahului dengan beberapa seminar yang terjadwal (4 kali) untuk mengetahui kemajuan pelaksanaan tesis.

4. Pra Syarat
Pra Syarat untuk Pembimbingan:
1. Telah menempuh mata kuliah minimal 22 SKS dengan IPK minimal 2,75 (Sesuai pedoman akademik Sekolah Pascasarjana).
2. Menyelesaikan kewajiban administratif dan keuangan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Pra Syarat Pra Pendadaran:
1. Telah menyelesaikan kewajiban administratif dan keuangan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
2. Telah menempuh proses pembimbingan terhadap dosen pembimbing 1 dan 2.
3. Telah disetujui untuk mengikuti Pra Pendadaran oleh dosen pembimbing 1 dan 2 (tidak bisa salah satu).

Pra Syarat Pendadaran :
1. Lulus semua mata kuliah dengan IPK minimal 2,75 (Sesuai pedoman akademik Sekolah Pascasarjana), dan tidak ada nilai D didalamnya.
2. Telah menyelesaikan kewajiban administratif dan keuangan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
3. Telah menempuh semua pra pendadaran (I – IV).
4. Telah disetujui untuk mengikuti Pendadaran oleh dosen pembimbing 1 dan 2 (tidak bisa salah satu).

Kondisi khusus:
Dosen Pembimbing tidak dapat melakukan tanda tangan di lembar persetujuan untuk mengikuti pra pendadaran / pendadaran, maka mahasiswa yang bersangkutan dapat dijadwalkan selama ada konfirmasi dari dosen pembimbing yang bersangkutan kepada bagian akademik untuk mengikuti pra pendadaran / pendadaran (via e mail, telpon, sms, dan cara lain yang memungkinkan). Tanpa persetujuan tersebut maka mahasiswa tidak dapat menempuh pra pendadaran/ pendadaran.

 Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks