Laman

Thursday, June 2, 2011

Seni Fotografi - Presentation Fotografer

Seni Fotografi - Presentation Q Fotografer
   1. Seni Fotografi
   2. Tata Cahaya
      Elemen paling utama! “Film are Light”
      Hal yang penting bagi sinematographer adalah memperhatikan cahaya dan mengingatnya. Tata cahaya mempengaruhi kegairahan penonton tentang kesungguhan dari yang dilihat
   3. Sumber Cahaya
      Cahaya natural
      Cahaya artifisial
      Sudut cahaya
      Kualitas cahaya
      Gaya tata cahaya
   4. Cahaya natural
      Cahaya dan elemen yang terus berubah, matahari sebagai sumber
      Sinematografer dan videographer harus mempunyai perhatian yang khusus terhadap perubahan mengingat dampak yang terjadi pada emosi dan alam bawah sadar
   5. Cahaya artifisal
      Sumber cahaya buatan manusia -> lampu pijar, neon, flash, dan lampu penerangan jalan.
   6. Sudut Cahaya
      Arah dating menciptakan sugesti scene, waktu, dan jenis. Juga membentuk obyek dalam scene, menampilkan bentuk dan tekstusr yang mungkin sebelumnya tidak terlihat
   7. KualitasCahaya
      Hard Light
      Sumber cahaya jatuh kepermukaan subjek dibuat dengan perbandingan intensitas antara cahaya yang keras dan cahaya yang lemah cukup tinggi. Cahaya jatuh jadi focus pada titik tertentu-> dampak pada bagian bayangan akan terlihat sangat jelas -> menimbulkan efek kontras yang sangat tinggi.
      Soft Light sumber cahaya jatuh kepermukaan subjek dibuat dengan perbandingan antara cahaya yang keras dan cahaya yang lemah cukup rendah. Cahaya menjadi rata sehingga bayangan akan terlihat halus atau tidak ada sama sekali.
   8. KualitasCahaya
      Warna
      Tungsten 3600°K warna yang ditimbulkan kencenderung kekuningan (YELLOWISH)
      Flourencent 4200°K warna yang ditimbulkan kecenderung kehijauan (GREENISH)
      Daylight 5600°K warna yang ditimbulkan kecendrung kebiruan (BLUISH)
      Sehingga untuk mendapati warna yang tepat kita butuh konversi antara sumber cahaya dengan jenis bahan baku hal ini bias dilakukan dengan menggunakan FILTER CONVERTION atau dalam teknik kamera dipergunakan WHITE BALANCE.
   9. Gaya Tata Cahaya
      Soft light atau hard light?
      Low key atau high key?
      Natural light atauartifisial light?
      Key, fill, back light?
      Direct light atau reflected light?
  10. GerakKamera
      Geraksubyek -> gerak subyek yang direkam oleh kamera statis
      Gerakkamera -> pan, tilt, dolly, crane
      Kombinasi keduanya
      Efek zoom
  11. 12 GerakDasar
      Track-in/ dolly-in -> camera menuju subyek tidak bergerak
      Track-out/dolly-out -> lawan dari track-in
      Walk in -> transisi dari medium shot/ long shot ke yang lebih dekat karena subyeknya berjalan mendekat/ menjauh
      Walk out -> lawandari walk in
      Follow shot -> subyek dan kamera bergerak, kamera menggunakan track
      Mengikuti 1 subyek untuk memperlihatkan dan menarik perhatian pada subyek lain dimana subyek pertama keluar frame
  12. 12 GerakDasar
      Mengikuti satu subyek supaya subyek lain masuk frame. Subyek pertama tidak meninggalkan frame
      Transisi dari sekelompok subyek ke 1 subyek
      Mengikuti 1 subyek meninggalkan kelompok
      Memperbaiki demi komposisi
      Subyek bertukar tempat
      Mengimbangi 1 subyek bergerak
  13. Komposisi
      Definisi komposisi
      Intuisi
      Kenapa komposisi penting
      Point of interest
      Camera angle
      Move in close
      Watch the background
      Action pictures
      Prinsip dasar
  14. Definisi Komposisi
      Seni menata berbagai elemen visual untuk mengekspresikan perasaan
      Penataan elemen visual didalam frame agar gambar terlihat utuh (pictorial unity)
      Apakah gambar relevan dengan konteks
      Hubungan gambar dengan gambar sebelum atau sesudahnya
      Gaya visualisasi dan genrenya
  15. Intuisi
      Banyak pendapat komposisi merupakan hal yg intuitive dan mengasumsikan dasar bagi penentuan frame sangat personal dan merupakan suatu opini yang bersifat subyektif
  16. Kenapa Komposisi Penting
      Seorang juru kamera harus membantu penonton untuk memperhatikan apa yang harus dilihat dan membuat semacam guide untuk menggerakkan mata penonton kedalam gambar yang dipentingkan
      Komposisi bias dikontrol dengan pendekatan teknis kamera misalnya view point, lighting, focal length, exposure untuk menambah daerah desain visual seperti keseimbangan, warna, tekstur, prespektif dari isi maupun garis
  17. Point of Interest
      Biasanya 1 gambar 1 point of interest
      Hati-hati agar tidak merusak subyek
      Mempertimbangkan kekuatan warna
  18. Camera Angle
      Gambar yang baik sering kali tergantung penemapatan point of view yang tepat. Mungkin dengan menggerakkan kamera beberapa inchi, kita akan mendapatkan perubahan komposisi yang lebih baik
  19. Move in Close
      Gambar apapun yang kita ambil, lebih baik jika kita bergerak mendekati subyek.
      Close up memberikan perasaan intim kepada penonton, long shot memberikan rasa jarak dan kedalaman
  20. Watch the Background
      Latar belakang dapat mempercantik atau memperburuk. Background ditambahkan bila menolong membentuk suasana gambar
      Kekusutan latar belakang dari pepohonan atau elemen visual yang tidak dikehendaki biasanya membuat bingung dan merusak gambar
  21. Action Pictures
      Gambar dari subyek yang beraksi membawa perasaan yang mengasyikkan
      Teknik yang sering digunakan adalah menggunakan kamera high speed serta penggunaan depth of field (DOF)
  22. Prinsip Dasar Komposisi
      Simplicity
      Use Lines for Interest and Unity
      Framing
      Rule of Thirds
      Balance
  23. Simplicity
      Hanya memasukkan subyek utama sehingga gambar lebih sederhana dan lebih menarik dengan latar belakang yang tidak rumit. Jika ingin mendapatkan kesan lebih dinamis, tempatkan point of interest sedikit off center didalam bingkai
  24. Use Lines for Interest and Unity
      Gunakan garis yang dapat mengarahkan kita kedalam bidang gambar. Pilih angle dimana garis natural pada adegan dapat mengarahkan perhatian kedalam bidang gambar
      Garis diagonal lebih terlihat dinamis
  25. Framing
      Untuk menambah kesan dimensi secara kreatif, tambahkan bingkai pada foreground seperti pohon, ranting, atau jendela. Cobalah membuat bingkai yang mempunyai hubungan secara tematik
  26. Rule of Thirds
      Bayangkan bidang gambar terbagi oleh 3 garis horizontal dan vertikal. Empat titik perpotongan disarankan sebagai posisi point of interest. Titik sebelah mana tergantung subyek dan cara kita mempresentasikannya
  27. Balance
      Mencapai keseimbangan yang baik adalah cara lain mendapatkan komposisi yang enak dilihat. Sebuah balance sederhana dari penggabungan shape, color, daerah gelap, dan terang menjadi gambar yang enak dilihat
      Selainitu, bias menggunakan non symmetrical balance yang biasanya lebih menarik dari pada symmetrical balance
  28. Teknik Fotografi
      Bokeh
      Perbedaan penyimpangan bukaan lensa dan bentuk menyebabkan lensa beberpa desain mengaburkan gambar dengan cara yang menyenangkan mata, Fotografer kadang sengaja menggunakan teknik focus dangkal untuk membuat gambar blur didaerah luar fokus Bokeh paling sering terlihat disekeliling menyoroti latar belakang kecil, seperti refleksi specular dan sumber cahaya
  29. Teknik Fotografi
      Contre-jour
      Mengacu pada foto yang diambil ketika kamera mengarah langsung kesumber cahaya
      Fotografer terkadang sengaja untuk menghasilkan siluet gambar

 Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks