Laman

Sunday, November 6, 2011

Selamat Idul Adha 1432 H - Qurban 2011

Idul Adha 1432 H - Qurban 2011



Sebagaimana firman Allah SWT: "Ceritakanlah kepada mereka kisah dua putera Adam (Qabil dan Habil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang di antara mereka berdua (Habil yang berkurban kambing) dan yang tidak diterima dari yang lain (Qabil yang berkurban hasil pertanian)." (Q.S.Al-Maidah: 27). Allah juga memberikan contoh orang yang sukses besar dalam berkurban yaitu Ibrahim sebagai pekurban dan Ismail sebagai orang yang sanggup menjadi kurban.

Kurban berasal dari kata "qurban" yang berarti pendekatan. Ulama memberi pengertian secara istilah bahwa kurban adalah segala hal yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allahbaik berupa sembelihan maupun lainnya. Oleh karena itu wajar jika istilah kurban mencakup berbagai macam objek sebagaimana di atas. Begitu pula termasuk di dalmnya adalah aqiqah dan hady (hewan yang disembelih sebagai konsekuensi dalam pelaksanaan ibadah haji). Hanya saja karena kata itu lebih sering digunakan untuk menunjuk pada salah satu macam di antaranya  yaitu berkurban hewan, maka setiap kalidiungkapkan lafadz kurban langsung tertuju kepada kurban hewan pada hari raya Idul Adha dan hari tasyriq yang sebenarnya untuk itu ada istilah sendiri yaitu udhiyyah.


Qurban atau Kurban, atau disebut juga Udhhiyah  atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual Qurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah  pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Kami Ucapkan Selamat Idul Adha 1432 H - Qurban 2011
Met Nyate dan Meng-gulai daging Kambing n Sapi .... Alhamdulillah




salam kekuatan berawal dari hati  bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks