Laman

Tuesday, November 8, 2011

Visualisasi Ide Penyajian – Materi Grafika

Visualisasi Ide Penyajian – Materi Grafika

Proses pembuatan desainer grafis ialah merangkainkan unsur-unsur tertentu menjadi suatu susunan yang menyenangkan dan juga mencapai suatu tujuan. Untuk itu harus dirancang dengan seksama. Tidak ubahnya pekerjaan seorang arsitek bangunan, untuk mewujudkan gagasan/ kreasinya perlu merancang bagaimana bentuk dan tata letak bangunan tersebut, memang sifat pekerjaan desainer grafis banyak kesamaannya dengan pekerjaan arsitektur hanya elemen-elemen dan porposinya serba kecil. 



Langkah pertama penyajian secara visual adalah proses yang menghasilkan keputusan-keputusan tentang gagasan-gagasan yang kemudian dinyatakan dengan kata-kata:
-      unsur-unsur yang akan dipakai
-      pentingnya hubungan gagasan dari unsur secra relatif
-      urutan penyajian

Keputusan ini dipengaruhi oleh jenis produk yang dihasilkan, jenis pemakai hasil cetak (konsumen) dan tingkatan perhatian para konsumen terhadap produknya. Desainer harus menyadari semua itu, sebab hal ini akan berpengaruh, misalnya dalam komposis atau susunannya. Ada 3 (tiga) cara untuk dapat memvisualisasikan gagasan/ kreasi yang masing-masing disesuaikan deangan tujuannya. Ketiga macam visualisasi rancangan ini, adalah:
-    Layout miniatur, layout miniatur ini dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran barang barang cetak sebenarnya dan mempunyai 3(tiga) keuntungan:
1.    Merupakan sarana ekonomis untuk menguji berbagai rancangan tata letak
2.    Dapat dikerjakan dengan cepat
3.    Merangsang kreasi atau menimbulkan gagasan-gagasan lebih lanjut


-    Sketsa (layout kasar) Sketsa atau layout kasar merupakan kelanjutan dari layout miniatur dengan diadakan perubahan atau penyempurnaan. Coretan-coretan tebal, miring, normal dapat digunakan menandai secara kasar bentuk elemen tata letak.



-      Layout komprehensif Visualisasi rancangan yang lebih lanjut dan lengkap adalah layout komprehensif, dalam visualisasinya telah menunjukkan, antara lain:
1.    Ukuran bersih barang cetak
2.    Ruang cetaknya
3.    Elemen-elemen layoutnya: huruf, ilustrasi, dan lain-lain.
4.    Warna cetakan, dan
5.    Tata letak elemen-elemen tersebut


salam kekuatan berawal dari hati  bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks