Laman

Monday, October 31, 2011

Video Komponen Motherboard - Materi MPK

Video Komponen Motherboard

Materi Merakit Personal Komputer - MPK. Pelajari komponen motherboard untuk membangun pc kustom Anda sendiri di video instruksional gratis, berikut ini:

About Motherboard Components -- powered by ehow


Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

Sunday, October 30, 2011

Blangko Bimbingan Laporan Prakerin - Admin Multimedia

 Blangko Bimbingan Laporan Prakerin
 
Berikut adalah Blangko bimbingan laporan prakerin kompetensi multimedia UPTD SMK 3 KOTA TEGAL. Bagi Taruna-Taruni yang telah melaksanakan prakerin, berkewajiban membuat laporan pertanggungjawaban atas hasil prakerin. berikut blangko guna pembimbingan penulisan laporan:



Multimedia Team Teaching

 Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

Wednesday, October 26, 2011

SOFTWARE - Materi MSOD

SOFTWARE

Perangkat lunak (software) adalah kumpulan instruksi dan yang memungkinkan komputer untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Bagian ini tidak terwujud tapi merangkum perintah yang harus dijalankan.
Rangkaian instruksi dan data ini disebut dengan program

TIPE-TIPE SOFTWARE
1. System Software
System Software pada dasarnya dibuat untuk membantu komputer melakukan tugas-tugas dan fungsi-fungsi tertentu.
Satu tipe utama system software adalah sistem operasi (operating system-OS).
Sebuah komputer memerlukan sebuah Operating System untuk dapat digunakan.
Operating system akan memberitahu komputer bagaimana cara berinteraksi antara pengguna dan device-nya. System Software dapat djumpai pada Windows, Mac OS, OS/2 dan UNIX. 

2. Application Software
Application software membantu komputer untuk menyelesaikan tugas tertentu yang diinginkan oleh pengguna, seperti membuat dokumen atau mengedit gambar. Application software diantaranya adalah Word processing program, Spreadsheet software, database management, dan lain-lain.  


Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

Evaluasi Hasil Produksi - Manajemen Produksi

Evaluasi Hasil Produksi


Bagi siapa saja yang beraktifitas menjalankan atau mengelola kegiatan usaha akan pasti berhubungan dengan masalah produk/ jasa. Karena produk/jasa merupakan tujuan dari pada wirausaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan terpenuhinya kebutuan pelanggan yang diberikan oleh wirausaha adalah merupakan kepuasan tersendiri bagi wirausaha. Oleh karena itu wirausaha selayaknya selalu mengevaluasi sejauh mana kepuasan pelanggan tersebut bisa terpenuhi. Berkaitan dengan masalah produk/ jasa maka yang perlu dievaluasi adalah seberapa banyak wirausaha bisa memberikan layanan jumlah produk/jasa dan seperti apa kualitas produk/ jasa yang bisa memberikan kepuasan pelanggan. Betolak dari sisi pemasaran maka ada empat hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Chipper. Evaluasi perlu dilakukan apakah produk/jasa tersebut adalah lebih murah dari pesaing.
Better. Evaluasi perlu dilakukan apakah produk/jasa tersebut bisa lebih baik dari pesaing.
Faster. Evaluasi perlu dilakukan apakah produk/jasa tersebut bisa sampai kepada pelanggan tepat waktu atau lebih cepat dari pesaing.
Value. Evaluasi perlu dilakukan apakah produk/jasa tersebut memiliki nilai yang yang lebih menguntungkan.


Dengan semangat wirausaha dan pantang menyerah maka wirausaha akan selalu memperhatikan faktor-faktor tersebut dalam rangka meningkatkan pengembangan usahanya. Suatu kemungkinan akan terjadi ketidak puasan yang akan disampaikan oleh pelanggan berkaitan dengan faktor-faktor tersebut diatas. Atau bahkan ada saran yang lebih baik yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan usaha.

Modul 9 MM - STIE”AUB”Surakarta 

 Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

Saturday, October 22, 2011

MONITOR (hologram dan touchscreen) - Makalah MPK

MONITOR
(hologram dan touchscreen)
Tugas Makalah
Disusun guna melengkapi tugas kelompok Kompetensi MPK (Merakit Personal Komputer) 
Multimedia Semester Satu

Instruktur:
-       NIN SUBKHANUDIN FADHILA. ST, MM 
NIP.
-       DWI ENDARTO. ST 
NIP.

Kelompok 6 :
Ø  Atika Mayangsari ( 06 ) 
Ø  Karlita Jayanti  ( 12 ) 
Ø  Moh. Saefudin Zukhri ( 18 ) 
Ø  Puji Maulana ( 24 ) 
Ø  Siti Nurjanah ( 30 ) 
Ø  Wiwi Alfina ( 36 )

 
KOMPETENSI MULTIMEDIA
SMK NEGERI 3 TEGAL
Jalan Gajahmada No.72D Telp(0283) 356081 Tegal 52113
2011 / 2012

 ==========================================

PENGESAHAN

Makalah ini dengan judul “ MONITOR ” yang telah di buat dengan melibatkan berbagai pihak dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran MPK dan telah di sahkan pada :
Tanggal           : 20 Oktober 2011 
Tempat           : SMK NEGERI 3 TEGAL 

PEMBIMBING 1


NIN SUBKHANUDIN FADHILA, ST, MM 
NIP. 19850218 201001 1 018

PEMBIMBING 2


DWI ENDARTO, ST

NIP.19780429 200903 1 001
 ==========================================
 KATA PENGANTAR
           

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT. Karena kami telah menyelesaikan tugas mata pelajaran MPK (Merakit Personal Komputer) dengan membahas monitor (hologram dan touchscreen), dalam bentuk makalah.

Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala kendala yang kami hadapi dapat teratasi.
Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.  Bapak guru bidang studi MPK (Merakit Personal Komputer) yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada kami sehingga kami termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
2.   Orang Tua yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai.
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, amiin.

 ==========================================
DAFTAR ISI

Cover i
Pengesahan ii
Kata Pengantar iii
Daftar Isi iv

BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan 1

BAB II PEMBAHASAN 2
A.    HOLOGRAM 2
1.      Pengertian Hologram 2
2.      Karakteristik hologram 2
3.      Penyimpangan hologram 3
4.      Gambar orthoscopic dan pseudoscopic 3
5.      Klasifikasi hologram 4
6.      Proses perekaman hologram 6
7.      Keunggulan hologram 7
8.      Aplikasi holografi 7
9.      Holographic interferometry 8
10.  Holographic optical element (HOE) 8
11.  Holographic memory 9

B.     TOUCH SCREEN 11
1.      Pengertian Touch Screen 11

2.      Komponen-komponen 11

3.      Tipe-tipe layar sentuh 12

4.      Penggunaan 14

5.      Keuntungan dan kerugian penggunaan 15

 

BAB III PENUTUP 17
 
  ==========================================

 
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar belakang

.............  yang menerima ...................... 

B.       Tujuan

Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua. ............

==========================================
BAB II
PEMBAHASAN

A.       HOLOGRAM
1.      Pengertian Hologram
Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.
Hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang mutakhir. Kelebihan hologram ialah ia mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang.

2.      Karakteristik hologram
Hologram, memiliki karakteristik yang unik. Beberapa diantaranya yaitu:
a.    Cahaya, yang sampai ke mata pengamat, yang berasal dari gambar yang direkonstruksi dari sebuah hologram adalah sama dengan yang apabila berasal dari objek aslinya. Seseorang, dalam melihat gambar hologram, dapat melihat kedalaman, paralaks, dan berbagai perspektif berbeda seperti yang ada pada skema pemandangan yang sebenarnya.
b.        Hologram dari suatu objek yang tersebar dapat direkonstruksi dari bagian kecil hologram. jika sebuah hologram pecah berkeping-keping, masing-masing bagian dapat digunakan untuk mereproduksi lagi keseluruhan gambar. Walau bagaimanapun, penyusutan dari ukuran hologram, dapat menyebabkan penurunan perspektif dari gambar, resolusi, dan tingkat kecerahan dari gambar.
c.   Dari sebuah hologram dapat direkonstruksi dua jenis gambar, biasanya gambar nyata (pseudoscopic) dan gambar maya (orthoscopic)
d.          Sebuah hologram tabung dapat memberikan pandangan 360 derajat dari objek
e.           Lebih dari satu gambar independen yang dapat disimpan dalam satu pelat fotografi yang sama yang dapat dilihat dari satu per satu dalam satu kesempatan.

3.      Penyimpangan hologram
Hologram dapat menderita penyimpangan yang disebabkan oleh konstruksi satu ke rekonstruksi berikutnya serta oleh ketidaksesuaian referensi dan rekonstruksi sinar. Penyimpangan pada hologram kromatik dan nonkromatik, keduanya sama-sama merupakan penyimpangan yang serius walaupun hanya sebuah penyimpangan dari geometri perekaman yang ada pada rekonstruksi geometri.

4.      Gambar orthoscopic dan pseudoscopic
Sebuah hologram dapat merekonstruksi dua gambar, yang nyata dan maya (replika dari objek). Namun, dua gambar tersebut terbedakan dalam tampilannya di mata pengamat. Gambar maya diproduksi dengan posisi yang sama dengan objek dan memiliki tampilan yang sama pada kedalaman dan paralaks dengan objek tiga dimensi yang sebenarnya. Gambar maya terlihat seolah-olah pengamat melihat objek asli melalui jendela yang ditentukan oleh ukuran dari hologram. Gambar tersebut dikenal sebagai gambar orthoscopic Gambar nyata, juga terbentuk dengan jarak yang sama dari hologram, tapi berada didepannya serta kedalaman gambarnya terbalik. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa titik-titik yang bersesuaian pada kedua gambar (nyata dan maya) terletak pada jarak yang sama dari hologram. Gambar nyata ini dikenal sebagai pseudoscopic. Gambar ini sangat tidak nyaman untuk dilihat karena memang kita tidak terbiasa melihat gambar terbalik dalam kehidupan normal. Gambar tersebut tidak dapat diubah dengan tekni-teknik optika sampai baru-baru ini. Kini, sudah memungkinkan untuk mengkonjugasikan muka gelombang dengan menggunakan teknik konjugasi fase optik. Gelombang muka ini memiliki aplikasi yang potensial dalam mengoreksi efek dari penyimpangan media pada pencitraan optik.
Sebuah hologram yang terekam oleh lensa atau sebuah cermin cekung, dapat menghasilkan sebuah bayangan nyata orthoscopic dari objek. Bayangan nyata orthoscopic dari objek ini juga dapat diciptakan dengan cara merekam dua hologram secara berturut-turut. Tahap pertama, hologram utama direkam dengan menggunakan sinar acuan. Hologram ini, saat direkonstruksi oleh sinar, menghasilkan sebuah gambar maya dan gambar nyata dengan pembesaran unit. Kemudian, hologram ini direkam dengan menggunakan gambar nyata dari hologram utama sebagai sinar objek. Pada saat hologram ini sudah terekonstruksi, akan menghasilkan bayangan maya pseudoscopic dan bayangan nyata orthoscopic.

5.      Klasifikasi hologram
         Hologram, dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara tergantung pada ketebalan, metode perekaman, metode rekonstruksi dan lain sebagainya.
a.          Klasifikasi berdasarkan amplitudo dan fase hologram
Sebuah hologram, tipe penyerapannya ada yang menghasilkan perubahan pada amplitudo dari sinar rekonstruksinya. Jenis fase dari hologram ini menghasilkan fase perubahan pada sinar rekonstruksi dikarenakan variasi dari indeks bias atau ketebalan dari medium. Fase hologram, memiliki keuntungan lebih daripada amplitudo hologram dalam hal pemborosan energi di dalam medium hologram serta efisiensi penguraian yang lebih tinggi. Hologram yang direkam dalam emulsi fotografik mengubah baik amplitudo dan fase dari menerangi gelombang. Bentuk dari rencana kerangka perekaman ini tergantung dari fase relatif dari pencampuran sinar. Akibatnya, gelombang yang terekonstruksi terefleksi ke hologram yang sesuai dengan kepadatan perak yang tersimpan dengan variasi amplitudonya sebanding dengan amlpitudo dari objek. Demikian pula dengan fase gelombang rekonstruksi, yang dimodulasikan sebanding dengan fase dari gelombang objek. Jadi, baik amplitudo dan fase dari gelombang objek merupakan reproduksi.
b.         Klasifikasi berdasarkan ketebalan hologram
Hologram bisa berbentuk tipis (bidang) atau tebal (isi). Sebuah parameter Q dapat digunakan untuk membedakan antara hologram tipis dan tebal. Sebuah hologram dapat dikatakan tipis apabila Q < 1. Hal ini telah dibuktikan bahwa hologram tipis yang ditambah dengan teori gelombang berlaku untuk nilai Q urutan 1. Jadi, kriteria dari Q tidak selalu cukup. Sebuah hologram mungkin juga disebut tipis jika emulsi ketebalannya lebih rendah dari jarak tepi. Hologram seperti ini menghasilkan beberapa ketentuan (i) ketentuan 0 jika sinar acuan ditransmisikan secara langsung, (ii) ketentuan 1 jika penyebaran menghasilkan bayangan maya, (iii) ketentuan -1 jika penyebaran sama dengan intensitas untuk ketentuan 1 menghasilkan gambar konjugasi dan (iv) lebih besar dari 1 jika ada penurunan intensitas.
Sebuah hologram yang bervolume (tebal) dapat dikatakan sebagai superposisi dari tiga dimensi rekaman terukur pada kedalaman dari emulsi menurut hukum Bragg. Rencana pengukuran pada volume hologram menghasilkan perubahan maksimal pada indeks bias dan atau indeks penyerapan. Kesimpulan dari hukum Bragg adalah volume hologram merekonstruksi bayangan maya pada posisi asli dari objek jika sinar rekonstruksi bertepatan dengan sinar acuan. Namun, bagaimanapun juga gambar konjugasi dan ketentuan penyebaran yang lebih tinggi tidak termasuk disini.

6.      Proses perekaman hologram
Holografi, sering disalah konsepsikan sebagai 3D fotografi. Analogi yang lebih baik adalah rekaman suara di mana bidang bunyi dikodekan sedemikian rupa agar di kemudian hari dapat direproduksikan. Dalam holografi, sebagian dari sinar yang tersebar dari objek atau sekumpulan objek jatuh di atas media perekam. Sinar kedua, yang dikenal sebagai sinar acuan, juga menerangi media perekam sehingga terjadi gangguan antara kedua sinar tersebut. Hasil dari bidang cahaya tersebut adalah sebuah pola acak dengan intensitas yang bervariasi yang disebut hologram. Dapat ditunjukkan bahwa jika hologram diterangi oleh sinar acuan asli, sebuah bidang cahaya terdifraksi oleh sinar acuan yang mana identik dengan bidang cahaya yang disebarkan oleh objek atau objek-objek. Dengan demikian, seseorang yang memandang ke hologram tetap dapat ‘melihat’ objek walaupun objek tersebut mungkin sudah tidak ada lagi. Berbagai variasi bahan rekaman yang juga dapat digunakan, termasuk Variasi Film fotografis.

7.      Keunggulan hologram
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kapabilitas hologram melebihi kapabilitas media penyimpanan lainnya. Salah satunya ialah, hologram dapat merekam intensitas cahaya. Dengan kata lain, hologram memiliki informasi tambahan baru dibandingkan media lain.
Secara otomatis dengan adanya rekaman intensitas cahaya, hologram pun mampu untuk memperlihatkan kedalaman (depth). Ketika seseorang melihat ke arah sebuah pohon, ia menggunakan matanya untuk menangkap cahaya dari objek itu. Setelah itu, informasi diolah untuk memperoleh makna mengenai objek tadi. Prinsip ini hampir sama dengan hologram. Hologram menjadi cara yang nyaman untuk menciptakan kembali gelombang cahaya yang sama, yang berasal dari objek yang sebenarnya.
Kemampuan ini sangat menakjubkan. Objek terasa nyata dan hidup dan ia akan terlihat seolah-olah akan ”melompat” dari gambar (scene). Jika pada sebuah foto standar, pemandangan diambil dari satu perspektif saja, maka hologram mematahkan batasan itu. Hologram mampu untuk melihat suatu objek dari berbagai perspektif.

8.      Aplikasi holografi
Aplikasi teknik holografi telah tersebar ke berbagai aspek kehidupan. Holografi memudahkan manusia dalam mengabadikan karya-karya seni dan benda-benda peninggalan sejarah, pembuatan iklan dan film, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi holografi lain ialah holographic interferometry, holographic optical element (HOE), dan holographic memory.

9.      Holographic interferometry
Holographic interferometry adalah aplikasi dari teknologi holografi yang memungkinkan kita untuk membuat replika atau tiruan visual suatu benda, beserta efeknya. Dengan teknik ini, objek akan mengalami dua kali pencahayaan. Sehingga visualisasi suatu benda dapat bervariasi.
Pada proses pencahayaan yang pertama, objek harus dalam keadaan diam, tidak boleh bergerak. Pada proses pencahayaan yang kedua, objek tadi menjadi subjek untuk memberikan bentuk-betuk fisik sesuai dengan wujud asli objek tersebut. Kemudian sepanjang proses tadi, hologram akan melukiskan sejumlah garis, baik garis tepi maupun garis diagonal yang melewati objek. Garis-garis itu kemudian akan menjelma menjadi garis-garis kontur serupa pada sebuah peta. Peta visual ini sangat bergantung pada garis tepi, sebab garis tepi lah yang memberi bentuk-bentuk fisik. Bila terjadi kesalahan pada proses yang pertama, maka hal itu akan mempengaruhi pembuatan peta visualnya.
Holographic interferometry terdiri atas tiga tipe, yaitu :
·         Frozen fringe
·         Life Fringe
·         Time averaged
Holographic interferometry sudah banyak digunakan di industri manufaktur. Kegunaannya ialah untuk menginpeksi kerusakan atau kegagalan pada produk. Subjeknya ialah logam dan bahan nonlogam. Material ini digunakan untuk menguji adanya kemungkinan-kemungkinan kerusakan.

10.  Holographic optical element (HOE)
Holographic optical element ialah salah satu jenis dari elemen optis difraktif. HOE dapat mengganti suatu sistem optik dengan komponen optik ganda, seperti lensa, kaca, [beam splitters], dan prisma. HOE sangat bermanfaat bila terjadi ketidaksesuaian dan ketidakseimbangan komponen optik suatu benda.
Kini hadir teknologi DOE (Diffractive Optical Element) sebagai kelanjutan dari HOE. Pada DOE, gelombang cahaya yang datang tidak lagi dibengkokan, melainkan dipecah menjadi puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan gelombang. Gelombang-gelombang tadi nantinya akan meyatu kembali dan membentuk sebuah gelombang lengkap yang baru.
Aplikasi HOE dan DOE antara lain sebagai berikut :
·         Sistem komunikasi dengan media optik
·         CD (compact disk) (cakram kompak)
·         Aplikasi-aplikasi arsitektural (seni bangunan)
·         Finger print sensor (sensor sidik jari)
·         Proses pengolahan informasi
11.  Holographic memory
Perkembangan teknologi holografi turut merambah ke sistem penyimpanan data. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan media penyimpanan data dengan kapasitas yang lebih besar. Media-media penyimpanan yang mengadopsi prinsip-prinsip holografis disebut dengan holographic memory.
Pada dasarnya, teknologi holographic memory memanfaatkan cahaya untuk menyimpan dan membaca kembali data atau informasi. Sinar Laser (singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) yang bersifat monokromatik dan koheren dilewatkan pada sebuah alat yang disebut ‘beam splitter’. Splitter ini ‘memecah’ sinar LASER menjadi dua, yang pertama disebut sinar sinyal atau sinar tujuan, yang kedua disebut sinar acuan. Disebut sinar tujuan karena sinar ini membawa kode informasi atau obyek yang akan disimpan. Disebut sinar acuan karena merupakan sinar yang dirancang sedemikian rupa, sehingga mudah dan sederhana untuk direproduksi karena digunakan sebagai referensi.
Salah satu contoh dari holographic memory ialah kepingan holografis. Para peneliti tengah berusaha mengembangkan kepingan (CD) yang memiliki muatan penyimpanan holografis, sehingga dapat menyimpan informasi dengan ukuran terabit. Hal ini dikarenakan pengepakan data menjadi lebih mapat dibandingkan teknologi optis konvensional seperti yang digunakan pada DVD dan Blu-Ray. Bayangkan satu keping cakram optis, dengan ketebalan cakram 1,5mm, mampu menyimpan data sebesar 200 GB.
Holographic memory memiliki beberapa keunggulan dibandingkan media penyimpanan lain, antara lain sebagai berikut :
·         Holographic memory dapat menyimpan data 2 dimensi, 3 dimensi, dan juga data digital.
·         Kapasitas penyimpanan data lebih besar, dapat mencapai 27 kali lebih besar dari kapasitas DVD yang kita pakai saat ini.
·         Proses pembacaan data lebih cepat, yakni 25 kali lebih cepat daripada DVD.

B.        TOUCH SCREEN
1.      Pengertian Touch Screen
touchscreen adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.
Layar sentuh banyak digunakan dalam industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi, sensivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi. Namun perangkat layar sentuh semakin lama semakin dapat ditemukan dalam perangkat-perangkat teknologi konsumen yang diproduksi secara massal, seperti pada komputer jinjing, pemutar musik seperti iPod Touch, dan telepon genggam seperti iPhone atau Blackberry Storm. Hal ini dimungkinkan karena perangkat layar sentuh dapat dibuat dalam berbagai ukuran tampilan.
Layar sentuh sering dipakai pada kios informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem layar sentuh tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan ada juga kit touchscreen yang lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada.

2.      Komponen-komponen

Sebuah sistem layar sentuh terdiri atas tiga komponen dasar:
       a.      panel sensor layar sentuh, yang terletak di lapisan luar tampilan dan menimbulkan aliran listrik tertentu tergantung di mana terdapat sentuhan
b.   pengontrol layar sentuh, yang melakukan pemrosesan sinyal yang diterima dari panel sensor, kemudian menerjemahkannya ke dalam data sentuhan yang disalurkan kepada prosesor komputer
c.  driver perangkat halus, yang menerjemahkan data menjadi gerakan tetikus, memungkinkan panel sensor untuk berfungsi layaknya tetikus, dan menyediakan antarmuka pada sistem operasi komputer

3.      Tipe-tipe layar sentuh

Semua tipe layar sentuh melekat pada unit tampilannya. Perbedaanya terletak pada cara mendeteksi sentuhan dan metode yang digunakan dalam memproses input sentuhan.

a.          Capacitive overlay

Di setiap sudut layar terdapat sirkuit yang berfungsi untuk mengukur kapasitansi. Sentuhan yang diberikan oleh jari atau alat penghantar lainnya yang merupakan konduktor pada layar menyebabkan gangguan pada kondisi elektrostatis. Gangguan tersebut menyebabkan perubahan. kapasitansi. Perubahan yang terjadi terukur oleh sirkuit dan kemudian dipergunakan untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Tipe ini memiliki daya tahan yang kuat serta tampilan yang jernih.

b.         Guided acoustic wave

Alat ini bekerja dengan mentransmisikan gelombang akustik melalui lapisan atas kaca yang ditempatkan diatas layar tampilan. Ketika suatu alat yang memiliki daya penghantar seperti jari terkontak dengan gelombang, maka transmisi gelombang akustik terganggu oleh jari. Gangguan menyebabkan pengurangan amplitudo dimana pengurangan tersebut diidentifikasi oleh control electronics untuk mendeteksi lokasi sentuhan.

c.          Resistive overlay

Unggul dalam daya tahan khususnya terhadap perlakuan kasar dan harga yang terjangkau. Tersusun atas dua lapisan tipis yang terbuat dari kaca atau polyester yang diselubungi dengan material penghambat dan dipisahkan oleh titik-titik pemisah yang tidak terlihat. Pada resistive overlay, arus listrik mengalir pada seluruh bagian layar. Ketika tekanan diberikan pada layar, kedua lapisan tersebut saling berhimpitan yang kemudian menyebabkan perubahan aliran arus listrik. Melalui perubahan tersebut lokasi sentuhan terdeteksi.

d.         Scanning infrared

Dalam bingkai sentuhan atau layar terdapat jajaran dioda cahaya dan transistor foto yang masing-masing diletakan di dua sisi yang berlawanan untuk menghasilkan sebuah kisi dari cahaya infra merah yang tidak terlihat. Ketika jari atau alat penghantar lainnya memasuki kisi tersebut, cahaya infra merah yang dipancarkan dioda cahaya terhalangi. Foto transistor mendeteksi hilangnya cahaya dan mentransmisikan sinyal yang mengidentifikasi koordinat x dan y dari letak jari atau alat penghantar tersebut.

e.          Near field imaging (NFI)

Tipe ini menggunakan alat atau sirkuit pendeteksi sentuhan yang canggih untuk mendeteksi sentuhan. Alat atau sirkuit tersebut memiliki tingkat ketepatan tinggi dalam menggunakan data dan memproses gambar untuk menghasilkan profil yang tepat atas sentuhan yang diberikan.

f.          Surface acoustic wave

Bekerja dengan mengirimkan gelombang akustik melalui panel kaca yang dilengkapi dengan beberapa transduser dan reflektor. Ketika jari bersentuhan dengan gelombang akustik, gerakan gelombang mengalami perubahan. Perubahan ini kemudian digunakan untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Keunggulan tipe ini adalah memiliki tingkat kejernihan yang paling tinggi serta daya tahan yang baik. Namun, sensitif terhadap kotoran yang menempel.

4.      Penggunaan

a.          Sistem informasi publik

Termasuk dalam sistem informasi publik antara lain kios-kios informasi, counter check-in pesawat terbang di bandara udara, tampilan petunjuk arah di tempat wisata, dan tampilan-tampilan elektronik lainnya yang digunakan oleh banyak orang yang memiliki pengalaman menggunakan komputer yang sangat terbatas atau malah tidak sama sekali.
Sistem layar sentuh lebih mudah digunakan daripada perangkat-perangkat masukkan lainnya, terutama bagi pengguna pemula, sehingga informasi yang ditampilkan di dalamnya dapat diakses oleh sebanyak mungkin pengguna.

b.         Sistem restoran atau ritel

Restoran dan lingkungan-lingkungan berbasis jasa lainnya dituntut untuk memiliki pola kerja dan target waktu pencapaian yang sangatlah cepat. Sistem layar sentuh sangat sesuai untuk lingkungan-lingkungan ini karena sangat mudah untuk dijalankan dan tidak perlu melewati langkah-langkah yang berkepanjangan.
Pelatihan untuk pegawai baru dapat dikurangi dan pekerjaan pegawai yang telah ada dapat dilaksanakan dengan waktu yang lebih cepat, sehingga meningkatkan efisiensi keseluruhan lingkungan tersebut.

c.          Toko swalayan

Sebuah terminal layar sentuh dapat digunakan untuk memperbaiki layanan terhadap pelanggan di toko-toko yang sangat sibuk, restoran cepat saji, pusat transportasi, dan sebagainya. Misalnya, seorang pelanggan di sebuah toko cukup memasukkan data apa saja yang dibelinya tanpa perlu melewati antrian pelanggan lain.

d.         Pelatihan berbasis komputer

Karena sistem layar sentuh lebih mudah digunakan daripada perangkat-perangkat masukkan lainnya, waktu dan biaya yang digunakan untuk melaksanakan pelatihan dapat dikurangi. Sifat layar sentuh yang interaktif dan menyenangkan juga dapat membangun suasana pelatihan yang kondusif, baik bagi peserta maupun pelatih yang terkait.

5.      Keuntungan dan kerugian penggunaan

Keuntungan dan kerugian dari digunakannya perangkat layar sentuh, yang antara lain sebagai berikut:

a.          Keuntungan

·     Terdapat kontrol dan interaksi langsung antara indera penglihatan dan indera peraba masukkan dan keluaran yang dihasilkan terdapat pada satu lokasi yang sama)
·         Adanya kemampuan untuk memasukkan dan mengawasi data secara cepat
·     Karena penggunaannya mudah, tidak diperlukan terlalu banyak pelatihan pengguna dalam mengoperasikan sistem layar sentuh
·         Hanya pilihan yang valid dan mungkin untuk diterima yang dapat ditampilkan
·         Mudah diterima oleh penggunanya
·         Tidak dibutuhkannya daya ingat penggunanya

b.         Kerugian

·         Besarnya biaya pengembangan sistem layar sentuh sebagai teknologi yang belum lama digunakan dalam barang-barang yang diproduksi secara massal
·         Membutuhkan tambahan waktu dalam proses pemrogramannya
·         Kurang fleksibel untuk beberapa jenis masukkan tertentu
·         Kesalahan pada gambar yang ditampilkan akan menimbulkan kesalahan pengoperasian
·         Kelelahan yang dirasakan akibat mendekati layar secara berulang kali
·         Jari tangan seringkali menutupi tampilan visual layar
·         Diperlukannya metode-metode baru dalam pemrograman perangkat halus

 ==========================================

BAB  III
PENUTUP
      
            Demikian makalah tentang MONITOR yang kami buat, dengan informasi-informasi yang  kami kumpulkan dari berbagai sumber dan pengarahan yang kami peroleh dari pengajar kami. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

SARAN
     Penulis mengakui dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu penulis menerima kritik dan saran dari pembaca, untuk perbaikan pembuatan makalah ke depan.

Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com