Laman

Wednesday, May 16, 2012

Sistem Pendataan Peralatan dan Barang Serta Absensi Mahasiswa


PROPOSAL TUGAS AKHIR

Sistem Pendataan Peralatan dan Barang Serta Absensi Mahasiswa 
Di Laboratorium Teknik Kimia Fakultas Teknik

 
Disusun Oleh :
AK-9
02030300 - -

 

KONSENTRASI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
2005


HALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL TUGAS AKHIR


Proposal Tugas Akhir  dengan judul “Sistem Pendataan Peralatan dan Barang Serta Absensi Mahasiswa Di Laboratorium Teknik Kimia Fakultas Teknik”, telah disahkan  pada:


Hari/tanggal    :
Tempat            : Kampus I Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Purwokerto




Purwokerto, Oktober 2005
 
A.    JUDUL
Sistem Pendataan Peralatan dan Barang Serta Absensi Mahasiswa Di Laboratorium Teknik Kimia Fakultas Teknik

B.     PENDAHULUAN
Laboratorium merupakan tempat dimana mahasiswa melakukan praktikum sesuai denagan jurusan yang diambilnya. Di laboratorium teknik kimia juga demikian, dimana mahasiswa teknik kimia melakukan praktikum berbagai macam hal yang berhubungan dengan program studi yang mereka ambil.
Jika dilihat dari keadaan laboratorium teknik kimia, masih ada sedikit hal yang sekiranya perlu  dibenahi lagi, terutama yang berhibungan dengan data keadaan peralatan dan barang serta absensi mahasiswa itu sendiri yang melakukan praktikum laboratorium teknik.
Yang pertama adalah data peralatan dan barang yang ada di laboratorium teknik kimia. Pendataan peralatan dan barang yang ada di laboratorium teknik kimia masih dilakukan secara manual dan belum semuanya terkoordinasi dengan baik. Semua data masih dicatat dalam sebuah buku yang memiliki banyak sekali resiko, diantaranya resiko yang paling besar adalah resiko hilangnya catatan itu sendiri. Selain itu pendataan secara manual juga merupakan cara yang tidak efektif dan tidak efisien karena pada saat sekarang ini pekerjaan seperti itu sudah dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer yang mampu mempermudah pekerjaan tersebut. Disamping itu proses absensi mahasiswa yang melakukan praktek juga perlu diperbaiki. Hal yang paling sering terjadi adalah kebiasaan ‘titip absen’ yang biasa dilakukan mahasiswa mengabsenkan untuk teman yang tidak berangkat. Hal tersebut mungkin masih bisa dicegah jika kegiatan presensi dilakukan secara baik dan terkontrol, dengan cara menggunakan sebuah software yang dapat membantu kegiatan absensi tersebut.
Dengan melihat kondisi diatas maka dengan ini diajukan proposal Tugas Akhir dengan judul Sistem Pendataan Peralatan dan Barang Serta Absensi Praktek Mahasiswa Di Laboratorium Teknik Kimia Fakultas Teknik.

C.    ALASAN PEMILIHAN TEMPAT TUGAS AKHIR
Laboratorium teknik kimia  merupakan tempat dimana para mahasiswa mengadakan eksperiment terhadap sesuatu sesuai dengan mata kuliah yang diambil. Di laboratorium itu sendiri tentunya membutuhkan suatu pengaturan agar lebih mempermudah dalam melakukan pendataan terhadap aset dan seluruh kegiatan yang berlangsung serta absensi mahasiswa yang melakukan praktek di tempat tersebut. Oleh karena itu disini penulis ingin menyampaikan alas an pemilihan tempat Tugas Akhir, yaitu:
1.       Laboratorium teknik kimia mempunyai banyak data yang memerlukan pengkoordinasian yang baik sehingga memerlukan suatu program aplikasi yang dapat membantu system pendataan dalam laboratorium tersebut.
2.       Proses absensi mahasiswa yang melakukan praktikum masih dilakukan secara manual. Dengan menggunakan program aplikasi diharapkan lebih mempermudah dan dapat menghindari dari praktek “titip absent”.
3.       Di laboratorium teknik kimia masih banyak data yang belum terdata dengan baik.

D.    TUJUAN TUGAS AKHIR
Mengacu pada kurikulum akademi, khususnya pada Program Studi Teknik Elektro Konsentrasi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto tujuan kegiatan Tugas Akhir adalah :
1.      Memenuhi kewajiban melaksanakan mata kuliah Tugas Akhir yaitu memenuhi persyaratan kurikulum yang ada pada perguruan tinggi kami.
2.      Mencari dan mengolah data sebagai bahan yang kami perlukan dalam penulisan Tugas Akhir ini.
3.   Menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang Teknik Informatika dalam penerapannya di lapangan.
4.    Mempersiapkan dan mngkondisikan diri sebagai seorang pekerja yang nantinya diharapkan bisa melaksanakan tugas dengan baik apabila telah terjun di dunia kerja.
5.    Mencoba mengukur seberapa jauh kemampuan penulis dalam membuat program aplikasi sesuai dengan perkuliahan yang telah ditempuh.
6.      Membantu mempermudah pihak laboratorium dalam hal mengolah data dan absensi mahassiwa.

E.     METODE DAN PELAKSANAAN TUGAS AKHIR
Dalam melaksanakan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan dua macam metode, yaitu metode observasi atau pengamatan dan metode  interview atau wawancara serta metode studi kepustakaan.
1.       Metode Observasi atau Pengamatan
Dalam hal ini penulis langsung terjun kedalam laborotorium teknik kimia untuk melakukan pengamatan terhadap data yang ada dan kira kira apa saja yang dibutuhkan nantinya di dalam program.
2.       Metode Interview atau Wawancara
Disini penulis melakukan wawancara langsung dengan pengelola laboratorium laboratorium teknik kimia. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui secara langsung keadaan laboratoruim, keadaan data, kebutuhan akan bantuan program aplikasi dan sebagainya. Selain itu penulis juga menjelaskan apa saja yang nantinya akan dibutuhkan dan dilakukan oleh penulis dalam melakukan Tugas Akhir tersebut.
3.       Metode Studi Kepustakaan
Yaitu aktivitas mempelajari keterangan atau teori-teori yang berhubungan dengan data yang akan diolah. Disini penulis mencari panduan dalam buku bagaimana cara membuat program aplikasi yang baik yang nantinya dapat digunakan dengan baik dan mempunyai nilai jual yang tinggi kelak dipasaran software.
 4.       Desain Software
Desain software nantinya akan dibuat dengan mengacu pada data yang ada di laboratorium teknik kimia. Jadi dalam hal ini penulis belum bisa mendesain software Tugas Akhir dalam  proposal Tugas Akhir ini. Jadi sekali lagi desain sorware akan menyesuaikan data keadaan peralatan dan barang yang ada di laboratorium. Yang jelas sotware ini nantinya adalah software yang berjalan under windows (berjalan diatas system operasi windows) yang mempunyai bentuk visual seperti layaknya program-program aplikasi lain yang berjalan diatas windows. Sebagai gambaran adalah nantinya program ini akan berisi:
a.       Master, yang meliputi:
1)            Data peralatan
2)            Data barang
3)            Data penunjang
b.      Data keadaan peralatan dan barang
c.       Data absensi mahasiswa yang melakukan praktikum
d.      Laporan-laporan
e.       Profil-profil
Dan sebagai contoh bentuk visualisasi program yang akan penulis kerjakan adalah sebagai berikut:


Pelaksanaan Tugas Akhir
Tugas Akhir yang nantinya akan penulis laksanakan adalah dengan cara sebagai berikut.
Yang pertama, penulis mencari sumber data di laboratorium yang nantinya akan diolah. Setelah data didapat dengan lengkap maka Tugas Akhir siap dilakukan.
Kedua, dengan melihat kondisi data yang ada dan mengacu pada ilmu yang didapat dalam perkuliahan , penulis mulai menyusun dan membuat membuat program.
Ketiga, pembuatan program tidak dilakukan ditempat Tugas Akhir (laboratorium teknik kimia), tetapi pembuatan dilakukan diluar tempat kerja pratek, tetapi akan terus melakukan koneksi dan koordinasi dengan pihak laboratorium untuk melakukan pengambilan data.
Keempat, jika nantinya program aplikasi yang telah jadi mempunyai kualitas standar yang baik, maka program tersebut dapat dan boleh digunakan oleh pihak laboratorium dengan ijin dari pembuat.

F.    RENCANA KEGIATAN TUGAS AKHIR
Kegiatan Tugas Akhir ini rencananya akan dilaksanakan selama satu semester yaitu semester ganjil tahun ajaran 2005/ 2006, atau selama bulan oktober 2005 sampai Januari 2006. Pelaksanaan Tugas Akhir disini meliputi dua tahap yaitu pengambilan data dan pengolahan data.
Adapun jika tenyata terdapat perpanjangan waktu dikarenakan program yang belum selesai, maka penulis akan tetap melakukan Tugas Akhir hingga program tersebut selesai.

G.    JADWAL TUGAS AKHIR
       Tugas Akhir ini penulis laksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2005/ 2006 dengan jadwal sebagai berikut:

 
Demikian rencana Tugas Akhir yang akan penulis tempuh. Semoga dapat terlaksana dengan lancar tanpa suatu halangan apapun.

PENUTUP

Demikian proposal ini  dibuat sebagai langkah awal dimulainya Tugas Akhir yang akan penulis tempuh. Diharapkan nantinya penulis dapat menyelesaikan segala apa yang telah direncanakan dengan lancar dan selesai tepat pada waktunya. Selain itu penulis juga mengharap kerja sama dari segala pihak demi lancarnya Tugas Akhir penulis.
Disamping itu penulis juga meminta bantuan kepada seluruh pihak terkait (khususnya dosen pembimbing) agar bersedia membantu penulis jika nantinya penulis mendapatkan kesulitan ditengan jalan dalam menghadapi Tugas Akhir ini,  supaya penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan, dan menghasilkan produk berupa program aplikasi yang mempunyai nilai kompetensi yang tinggi.
Semoga proposal ini dapat menjadi gambaran awal bagi seluruh pihak terkait berkenaan dengan rencana Tugas Akhir yang akan  penulis lakukan. Dan sebagai penutup, penulis memohon saran dan kritik beserta solusi yang yang bersifat membangun. Jika ada kesalahan penulisan dan kata-kata penulis minta maaf yang sebesar-besarnya.


Pemohon

AK-9

Salam Satu Cahaya Kekuatan Pikiran Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks