Laman

Kamis, 01 Desember 2011

Makalah proses pada windows - Materi MSOD

print this page Print NCB
proses pada windows



Disusun guna Melengkapi Tugas Kompetensi MSOD
Semester Gasal

Oleh:
CITRA AGUSTIN PRAMANDA

Instruktur:
-       NIN SUBKHANUDIN FADHILA. ST, MM
NIP. 19850218 201001 1 018
-       DWI ENDARTO. ST
NIP. 19780429 200903 1 001


KOMPETENSI MULTIMEDIA
SMK NEGERI 3 TEGAL
Jalan Gajahmada No.72D Telp(0283) 356081 Tegal 52113
2011/ 2012

-----------------------------------------------------------------------
 
PENGESAHAN
  
            Makalah ini dengan judul “proses pada windows” yang telah di buat dengan melibatkan berbegai pihak dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran MSOD  dan telah di sahkan pada:


Hari                 :
            Tanggal           :
           



Pengesah 1


NIN SUBKHANUDIN F .ST.MM
NIP. 19850218 201001 1 018
Pengesah 2


DWI ENDHARTO S.T
NIP. 19780429 200903 1 001

-----------------------------------------------------------------------

KATA PENGANTAR

          Puji syukur kami panjatkan atas ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya. Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas mata pelajaran MSOD dengan membahas  PROSES PADA WINDOWS dalam bentuk makalah.
          Dalam penyusunan tugas atau materi, tidak sedikit hambatan yang saya hadapi. Namun saya menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang saya hadapi dapat teratasi. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak guru bidang studi MSOD yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada kami sehingga kami termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
2.   Orang tua telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai

          Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi kami sehingga tujuan yang di harapkan dapat tercapai, Amin.

-----------------------------------------------------------------------
 
BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG MASALAH
Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.

Waktu-berbagi jadwal tugas sistem operasi untuk penggunaan yang efisien dari sistem dan juga dapat mencakup akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan sumber daya lainnya.

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.

Contoh populer sistem operasi modern termasuk Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Dalam makalah ini saya akan sampaikan lebih jelas bagaimana proses sistem operasi pada windows.

Awalnya saya bingung untuk memilih bahan apa yang akan dibahas. Dan  instruktur lah yang memberi saran pada saya agar mencari tahu bagaimana proses sistem oprasi pada windows.       

Memang banyak kesulitan yang saya alami namun itu tidak berarti jika akhirnya makalah ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.
Terima kasih.

B.       Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah berbagi informasi, untuk menambah pengetahuan dan di harapkan bermanfaat bagi siswa smk n 3 tegal secara umum serta kompetensi multimedia secara khusus sebagai bahan untuk belajar

----------------------------------------------------------------------- 
Bab ii
pembahasan

A.       Proses Task Manager (Windows)

Tab Proses menampilkan daftar semua proses yang berjalan pada sistem. Daftar ini mencakup jasa dan proses dari akun lainnya. Sebelum ke Windows XP, nama proses lebih panjang dari 15 karakter panjangnya yang dipotong. Dimulai dengan Windows XP, tombol Hapus juga dapat digunakan untuk menghentikan proses pada tab Proses.

Mengklik kanan sebuah proses dalam daftar memungkinkan mengubah prioritas proses telah, opsi afinitas prosesor (CPU proses pengaturan yang dapat melaksanakan pada), dan memungkinkan proses yang akan berakhir. Memilih Proses Akhir menyebabkan Windows untuk segera membunuh proses. Memilih untuk "End Process Tree" menyebabkan Windows untuk segera membunuh proses, serta semua proses secara langsung atau tidak langsung dimulai oleh proses tersebut. Berbeda dengan memilih Mengakhiri Task dari tab Aplikasi, ketika memilih Proses Akhir program ini tidak diberikan peringatan atau kesempatan untuk membersihkan diri sebelum berakhir. Namun, ketika sebuah proses yang sedang berjalan di bawah konteks keamanan berbeda dengan salah satu proses yang mengeluarkan panggilan untuk Hentikan Proses, penggunaan utilitas baris perintah membunuh diperlukan.

Secara baku tab proses menunjukkan akun user proses berjalan di bawah, jumlah CPU, dan jumlah memori proses saat ini mengonsumsi. Ada banyak kolom yang dapat ditunjukkan oleh Pilih Kolom (Select Column) dari menu View.

B.        Sistem Operasi
Apakah Sistem Operasi Itu ?
Untuk menjalankan program-program dan aplikasi yang terdapat di komputer diperlukan satu sistem operasi. Apa sih sebetulnya sistem operasi itu ? Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program/ software yang ada di komputer kamu, misalnya MS-OFFICE, Mungkin kamu sudah sering mendengar Sistem operasi yang ada saat ini. Coba sebutkan salah satunya! Benar, ada yang namanya Sistem operasi Windows, UNIX/LINUX, DOS, OS/2. Tapi kali ini kita akan membahas satu sistem operasi saja yaitu sistem operasi Windows.

Definisi OS (Operating System)
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Macam-macam Sistem Operasi Windows
Sistem Operasi “Windows” dibuat oleh perusahaan Microsoft yang terletak di Amerika dan dipimpin oleh Bill Gates. Mengapa Sistem Operasinya dinamakan “Windows” ?. Mungkin karena yang pertama tampil di layar monitor ketika komputer dihidupkan adalah gambar seperti jendela-jendela kecil. Nah, sistem operasi windows ini mengalami beberapa perubahan-perubahan dan perbaikan. Dulu, akhir tahun 1980 (Awal tahun 1990–1994) terkenal sistem operasi Windows 3.0, Windows 3.1.1 dikenal dengan generasi Windows 3.X, kemudian mengalami perubahan-perubahan menjadi Windows 95 setelah itu Windows 98 (Windows 9.X), berubah lagi menjadi Windows 2000 dan saat ini Windows ME (Millenium Edition / Edisi Millenium) sedang banyak digunakan.

Windows ini merupakan seri up-grade (peningkatan kualitas) dari Windows 98. Dalam Windows ME telah dimasukkan software untuk memainkan musik digital dan video, pengaturan untuk jaringan di rumah serta kemudahan memperbaiki dari adanya kemungkinan kerusakan sistem. Selain itu ada juga yang namanya “Windows NT”, yaitu Sistem operasi yang dikhususkan untuk jaringan lokal.

Baru-baru ini Microsoft telah memperkenalkan dan meluncurkan produk MS Windows dan Office yang terbaru. Produk itu disebut Windows XP dan Office XP. XP kepanjangannya “experience”. Untuk di sebuah komputer pribadi (PC) windows XP nantinya akan memberikan fasilitas video dan suara secara langsung. Canggih kan ? Makanya kita terus ikuti perkembangan Teknologi informasi yang ada saat ini, mungkin saja beberapa bulan lagi atau tahun depan akan muncul operating sistem yang lebih bagus dan canggih.

Macam dan Versi Operasi Sistem
·           Berbagai merek sistem operasi Microsoft Windows Mac OS UNIX dan Linux
·           Beberapa versi atau distribusi Windows 2000 Profesional Windows XP Home, Professional atau Media Center Editions Windows Vista Home Basic, Bisnis dan Premium Editions
·           Bandingkan versi OS atau edisi untuk menemukan yang terbaik bagi pelanggan Anda

Pilih perangkat keras yang memenuhi atau melebihi persyaratan minimum untuk OS

Remote Desktop
Network Sharing
Scalable CPU Support
EFS Support
Enhanced Security
Microsoft Windowsxp Professional
YES
YES
YES
YES
YES
Microsoft Windowsxp Home Edition
No
YES
No
No
No
Microsoft Windowsxp Media Center Edition
YES
YES
YES
YES
YES
Microsoft Windows 2000
Add-On
YES
YES
YES
YES

Kemampuan Operasi Sistem
·           Sebuah sistem operasi adalah antarmuka antara pengguna dan komputer.
·           Menyediakan jembatan antara hardware dan aplikasi
·           Menciptakan sistem file untuk menyimpan data Mengatur aplikasi menafsirkan perintah pengguna
·           Sistem operasi memiliki persyaratan minimum untuk hardware.

C.      Jaringan Operasi Sistem
·      Sebuah sistem operasi jaringan (NOS) adalah sebuah sistem operasi yang berisi fitur tambahan untuk meningkatkan fungsionalitas dan pengelolaan di lingkungan jaringan.
Contoh sistem operasi jaringan: Windows 2000 Server Windows 2003 Server UNIX Linux Novell NetWare Mac OS X

1)        Install, Konfigurasi, dan Optimalkan sebuah OS
·           Untuk menginstal Windows XP Professional:
 ·           Masukkan CD instalasi
·       Sebuah wizard penginstalan meminta serangkaian pertanyaan Wizard penyelesaian penginstalan secara otomatis.

2)        Instalasi default dan Kustom
·           Instalasi default memerlukan sedikit interaksi dari pemakai.
·     Instalasi kustom memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan regional dan pengaturan jaringan.
·           Teknisi dapat mengotomatisasi dan menyesuaikan instalasi Windows XP Pro menyertakan fitur berikut:
       Produktivitas aplikasi, seperti Microsoft Office Custom aplikasi Dukungan untuk beberapa bahasa OS Deployment Feature Pack menggunakan Microsoft Systems Management Server (SMS) Driver perangkat hardware.

3)        Metode Instal Kustom Windows XP
·           Membuat, menampilkan, dan mengelola disk, direktori, dan file
·           Instalasi tanpa pengawasan dari titik distribusi jaringan menggunakan file jawaban.
·           Berbasis gambar Sysprep dan instalasi menggunakan program disk-imaging, yang salinan gambar dari sistem operasi secara langsung ke hard drive tanpa campur tangan pengguna.
·           Remote instalasi menggunakan Remote Jasa Instalasi (RIS), yang dapat men-download instalasi di seluruh jaringan.
·           OS Deployment Feature Pack menggunakan Microsoft Systems Management Server (SMS), yang bisa secara dramatis menyederhanakan deployment sistem operasi di seluruh organisasi.

4)        Dual-Boot Proses
·           Instalasi sistem operasi kedua Ada proses dual-boot untuk beberapa sistem operasi pada komputer.
·           Selama proses dual-boot: File boot.ini menunjukkan bahwa lebih dari satu OS hadir Anda diminta untuk memilih OS yang Anda ingin memuat
·           Untuk membuat sistem dual-boot pada Microsoft Windows:
Lebih dari satu hard drive atau hard drive dengan lebih dari satu partisi,
Instal OS tertua di partisi primer atau hard drive ditandai dengan partisi aktif,
Instal OS kedua pada partisi kedua atau hard drive
File boot secara otomatis terinstal di partisi aktif

5)        Upgrade Sistem Operasi
·           Sistem operasi harus ditingkatkan secara berkala Untuk tetap kompatibel dengan hardware dan software terbaru Karena dukungan untuk OS lama akhirnya ditarik
·           Sebuah Windows XP upgrade dapat dilakukan dari CD atau melalui jaringan
·         Pastikan bahwa OS baru ini kompatibel dengan komputer Gunakan Microsoft Upgrade Advisor untuk memindai sistem untuk masalah ketidakcocokan sebelum upgrade
·           Upgrade Advisor bebas dan didownload dari website Microsoft Windows
Cadangan semua data sebelum mulai upgrade

6)        Perbaiki Sistem Operasi Masalah
       Sekarang bahwa Anda memahami proses pemecahan masalah, sekarang saatnya untuk menerapkan keterampilan mendengarkan dan diagnostik.
Laboratorium pertama dirancang untuk memperkuat kemampuan Anda dengan sistem operasi. Anda akan memeriksa restore point sebelum dan setelah menggunakan Windows Update.
     Lab kedua dirancang untuk memperkuat komunikasi dan keterampilan pemecahan masalah. Laboratorium ini mencakup langkah-langkah berikut:
Menerima perintah kerja
Penelitian masalah Ambil pelanggan melalui berbagai langkah untuk mencoba menyelesaikan masalah Dokumen masalah dan resolusi

D.      PENJADWALAN PROSES SISTEM OPERASI PADA WINDOWS XP SP 3
Penjadwalan merupakan kumpulan kebijaksanaan dan mekanisme di sistem operasi yang berkaitan dengan urutan kerja yang dilakukan sistem komputer. Proses penjadwalan yang akan dibahas disini adalah proses penjadwalan sistem operasi WINDOWS XP SP3.

Sasaran atau tujuan utama penjadwalan proses optimasi kinerja menurut kriteria tertentu
, dimana kriteria untuk mengukur dan optimasi kerja penjadwalan antara lain:
• Agar semua pekerjaan memperoleh pelayanan yang adil (firness).
• Agar pemakaian prosesor dapat dimaksimumkan.
• Agar waktu tanggap dapat diminimumkan.
• Agar pemakaian sumber daya seimbang.
• Turn arround time, waktu sejak program masuk ke system sampai proses selesai.
• Efesien, proses tetap dalam keadaan sibuk tidak menganggur.
• Agar terobosan (thoughput) dapat dimaksimumkan.

Terdapat 3 tipe penjadwal berada secara bersama-sama pada sistem operasi yang kompleks, yaitu:

1. Penjadwal jangka pendek (short term scheduller)
Bertugas menjadwalkan alokasi pemroses di antara proses-proses ready di memori utama Penjadwalan dijalankan setiap terjadi pengalihan proses untuk memilih proses berikutnya yang harus dijalankan.

2. Penjadwal jangka menengah (medium term scheduller)
Setelah eksekusi selama suatu waktu, proses mungkin menunda sebuah eksekusi karena membuat permintaan layanan masukan/keluaran atau memanggil suatu system call. Proses-proses tertunda tidak dapat membuat suatu kemajuan menuju selesai sampai kondisi-kondisi yang menyebabkan tertunda dihilangkan. Agar ruang memori dapat bermanfaat, maka proses dipindah dari memori utama ke memori sekunder agar tersedia ruang untuk proses-proses lain. Kapasitas memori utama terbatas untuk sejumlah proses aktif. Aktivitas pemindahan proses yang tertunda dari memori utama ke memori sekunder disebut swapping. Proses-proses mempunyai kepentingan kecil saat itu sebagai proses yang tertunda. Tetapi, begitu kondisi yang membuatnya tertunda hilang dan dimasukkan kembali ke memori utama dan ready.

3. Penjadwal jangka panjang (long term scheduller)
Penjadwal ini bekerja terhadap antrian batch dan memilih batch berikutnya yang harus dieksekusi. Batch biasanya adalah proses-proses dengan penggunaan sumber daya yang intensif (yaitu waktu pemroses, memori, masukan/ keluaran), program-program ini berprioritas rendah, digunakan sebagai pengisi (agar pemroses sibuk) selama periode aktivitas job-job interaktif rendah. Windows XP menggunakan algoritma, prioritas penjadwalan quantum-based berbasis reemptive priority scheduling.

Threads dijadwalkan dalam proses, Karena prioritas preemptive algoritma diimplementasikan dengan beberapa queue, dapat dianggap sebagai algoritma multiple feedback-queue. Namun, masing-masing Threads biasanya terbatas pada kelompok kecil dari 5 level prioritas, Preemption dapat terjadi karena salah satu dari 4 alasan:
o   thread menjadi prioritas lebih tinggi-siap
o   thread berakhir
o   kuantum habis waktu
o   thread melakukan panggilan sistem pemblokiran, seperti untuk I/O, dalam hal ini meninggalkan keadaan ready menjadi keadaan menunggu.

 -----------------------------------------------------------------------

bab iii
Penutup

Demikianlah makalah yang saya buat tentang  proses pada windows dengan informasi yang saya kumpulan dari berbagai sumber dan pengarahan yang saya peroleh dari instruktur kami. Dan materi ini semoga dapat bemanfaat bagi kita semua. Amin .

Kami mengakui dalam proses pembuatan makalah ini masih banyak tersimpan banyak kekurangan,untuk itu kami menerima kritik dan saran pembaca, untuk perbaikan pembuatan makalah yang akan dating dan jika masih banyak ditemukan kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


salam kekuatan berawal dari hati  bayoete.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar maupun Pesan nya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks