Laman

Jumat, 24 Februari 2012

surat pengantar perbaikan data karpeg

Link ke posting ini
print this page Print NCB

KARTU PEGAWAI (KARPEG)


Surat Pengantar Perbaikan Data KARPEG

Kartu Pegawai (Karpeg) yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki seorang PNS sesuai peraturan perundang-undangan nasional tentang kepegawaian.

Karpeg merupakan hal yang sangat penting, karena selain merupakan identitas sebagai PNS juga merupakan pengakuan secara administratif oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kartu ini dipergunakan untuk pengusulan kenaikan pangkat PNS, juga guna memperkuat klaim hak-hak sebagai pegawai pada pengurusan Taspen, dan hal lainnya berkaitan dengan hak sebagai PNS.

Persyaratan ini diserahkan kepada Bagian TU Biro Kepegawaian untuk kemudian diproses lebih lanjut berkoordinasi dengan BKN.

Kartu Pegawai ( Karpeg)
Kep. Bersama Mendagri Dan Bakn No: 217 Tahun 1974 No: 070 / Kep / 1974
KarPeg (Kartu Pegawai)

Diberikan Kepada Mereka Yang Telah Berstatus Sebagai Pns, Dengan Kata Lain Cpns Tidak Diberikan KarPeg.

Karpeg Adalah Kartu Identitas Diri Artinya Pemegangnya Adalah PNS.

KarPeg Berlaku Selama Yang Bersangkutan Menjadi Pns, Apabila Yang Bersangkutan Telah Berhenti Menjadi Pns Maka KarPeg Dengan Sendirinya Tidak Berlaku Lagi.

KEGUNAAN KARPEG ANTARA LAIN:
  1. Kenaikan Pangkat;
  2. Kenaikan Gaji Bekala;
  3. Pensiun;
  4. Dll.



Salam Satu Cahaya Kekuatan Pikiran Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - surat pengantar perbaikan data karpeg

Selasa, 21 Februari 2012

backdrop

Link ke posting ini
print this page Print NCB
BACKDROP



Apa itu backdrop foto digital?
Dalam arti harafiah, backdrop adalah latar belakang atau background yang ada di dalam sebuah studio foto untuk mempermanis orang yang dipotret di depan latar belakang itu. Jadi kalau kita duduk di sebuah studio untuk dipotret, fotografer akan memilihkan backdrop atau latar belakang yang biasanya berbentuk kain untuk mengisi ruang kosong di sekitar wajah kita. Selain untuk mengisi ruang kosong, backdrop juga dipakai untuk mempercantik foto secara keseluruhan.

Di pasaran, backdrop seperti itu sangat mahal harganya. Lagi pula, coraknya sangat terbatas. Kalau Anda ingin menambah corak baru, maka Anda harus keluar uang lagi. Padahal, dengan menggunakan Photoshop CS2, kita bisa menciptakan backdrop digital yang jauh lebih bagus dan variatif tanpa harus keluar banyak biaya.

Dengan menggunakan Gradient Overlay, Pattern Overlay, Fill, Gradient Tool, dan Brush Tool, kita bisa membuat backdrop digital yang menarik serta murah. Selanjutnya, kita bisa memasang foto kita sendiri di dalam backdrop itu sehingga seolah-olah kita sedang dipotret di dalam sebuah studio yang mahal dan berkelas.

Contoh Backdrop, Example Backdrop: Membuat Backdrop, Buat Backdrop, Bikin Backdrop. Berikut dibawah ini gambarnya:
backdrop wisuda

backdrop seminar



Salam Satu Cahaya Kekuatan Pikiran Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - backdrop

Sabtu, 18 Februari 2012

bank soal matematika smk 2011 2012

Link ke posting ini
print this page Print NCB
Bank Soal Matematika SMK 2011 2012 Up to Date

free download kumpulan soal matematika ujian nasional SMK 2011 2012 sebagai bahan belajar siswa siswi unduh gratis. acuan soal-soal dari tahun sebelum sebelumnya.

soal - soal yang bisa di download di unduh secara free gratis berikut ini:
aproksimasi kesalahan free download .rtf
BARISAN DAN DERET free download .rtf
BILANGAN REAL # free download .rtf
DIFERENSIAL unduh gratis .rtf
dimensi dua # free download .rtf
Dimensi tiga # free download .rtf
FUNGSI # unduh gratis .rtf
INTEGRAL # free download .rtf
Limit # free download .rtf
LOGIKA MATEMATIKA # unduh gratis .rtf
MATRIKS # free download .rtf
PELUANG # free download .rtf
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN # unduh gratis .rtf
PROGRAM LINEAR # free download .rtf
STATISTIK # free download .rtf
SUKU BANYAK # unduh gratis .rtf
TRIGONOMETRI # free download .rtf
VEKTOR # free download .rtf

mohon sabar menunggu file soal yang belum saya upload untuk bisa diunduh anda dikarenakan server mengalami error (bandwidht kurang atau sudah full data)

Salam Satu Cahaya Kekuatan Pikiran Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - bank soal matematika smk 2011 2012

Minggu, 12 Februari 2012

Peralatan - Perlengkapan Studio Foto

Link ke posting ini
print this page Print NCB

Peralatan dan perlengkapan Studio Foto


DINAS PENDIDIKAN KOTA TEGAL
UPTD SMK 3 TEGAL
KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
TINGKAT X SEMESTER GENAP
2011/ 2012

Berikut Peralatan dan perlengkapan Studio Foto:
free dowload artikel docx klik link download peralatan dan perlengkapan studio foto
1. Ruang Studio
Luas ukuran minimal dari studio foto tergantung dari jenis foto apa yang akan dihasilkan, jika hanya Pas foto tentu saja tidak memerlukan ruang studio yang luas seperti pada foto keluarga atau grup yang memerlukan ruangan yang besar. Jadi tidak ada ukuran maksimal atau minimal dari studio tersebut.

Pada tahap awal studio dapat berukuran 3 x 4 m atau 4 x 6 m pertimbangannya menyangkut perlengkapan yang harus disimpan seperti kamera, lampu background dan lain-lain.

2. Kamera dan Lensa
Ada tiga jenis kamera saat melakukan pemotretan di studio, yaitu kamera format kecil yg biasa disebut kamera 35mm, kamera medium format dan kamera format besar. Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangan.
Untuk pemotretan portrait, biasanya digunakan kamera format medium, sedangkan pemotretan still life memakai kamera format besar.
Akan tetapi bukan berarti kamera format kecil atau kamera 35mm tidak dapat digunakan untuk pemotretan studio. Saat ini sudah banyak studio foto yang memakai kamera dengan format 35mm untuk pemotretan portrait di studio.

3. Cable Release
Fungsi dari alat ini adalah sebagai pengganti tombol pelepas rana. Alat ini akan memudahkan fotografer ketika menekan tombol pelepas rana sehingga mengurangi risiko bergoyangnya kamera (shake) terutama pade pemotretan dengan kecepatan rana rendah atau bulb.

4. Electronic Flash Head
Electronic Flash Head atau lampu flash studio adalah lampu yang menyalurkan gas seketika dan memproduksi cahaya berdurasi singkat.

5. Kabel Sinkronisasi
Kabel ini berfungsi sebagai pemicu agar lampu studio menyala yang mana kabel ini menghubungkan kamera dengan lampu studio.

6. Triger dan receiver
Alat ini dipasang di kamera dan lampu studio agar lampu studio bisa menyala saat tombol rana kamera ditekan, pemasangan alat ini dimaksudkan agar fotografer dapat leluasa bergerak tanpa direpotkan oleh kabel sinkronisasi yang terpasang dikamera.

7. Alat Pengukur Cahaya/ Flash Meter/ Light meter
Alat ini mengukur cahaya yang dikeluarkan oleh lampu studio dan digunakan untuk menentukan bukaan diafragma yang seharusnya di pakai dikamera, Sebelum menggunakan alat ini dilakukan penyetelan kecepatan rana dan iso yang digunakan.

8. Alat pengukur Suhu warna/ Color Meter
Untuk mengetahui suhu warna/ white balance yang tepat dari sumber cahaya yang digunakan pada saat pemotretan berlangsung digunakan alat pengukur suhu warna atau color meter. 
Alat ini menginformasikan mengenai tinggi rendahnya suhu warna sehingga bias didapat nilai dari white balance yang akan disetting di kamera atau penggunaan filter warna yang tepat untuk kamera.
Suhu warna atau white balance dari lampu studio yang masih baru biasanya berkisar 5500 Kelvin atau lebih sehingga hasil yang didapat menjadi kebiru-biruan dan seiring dengan pemakaian dari lampu flash studio tersebut suhu warna berangsur-angsur turun hingga bisa mencapai 4300 Kelvin dan menjadi kekuning-kuningan. Dengan alat pengukur suhu warna tersebut maka akan bisa didapat suhu warna yang tepat.

9. Standar Reflektor
Biasanya setiap pembelian lampu flash studio dillengkapi dengan standar reflector yang menghasilkan cahaya yang langsung dan keras.

10. Reflektor
Reflektor digunakan untuk memberikan cahaya tambahan yang merupakan pantulan dari cahaya utama, reflector dipasaran terdiri dari 3 warna yaitu putih, perak dan emas dimana masing-masing warna mempunyai karakter dari pentulannya tersebut.

11. Payung Studio
Payung Studio digunakan untuk menghasilkan efek bayangan yang lebih halus serta pancaran cahaya yang lebih luas di bandingkan dengan standar reflector.
Alat ini sangat efektif digunakan pada pemotretan yang membutuhkan cakupan area cahaya yang luas, namun dibanding dengan standar reflector pancaran cahaya dari payung ini lebih sulit di arahkan.
White Convertible Umbrella
Shoot Throught Umbrella/ Transparance Umbrella

12. Softbox
Softbox digunakan untuk menghasilkan efek cahaya yang lebih halus lagi dibandingkan dengan payung, cahaya yang dihasilkan lebih terarah karena cakupan cahaya yang dihasilkan softbox lebih terbatas, ukuran softbox juga mempengaruhi hasil yang didapat, semakin besar ukuran softbox akan semakin lembut cahaya yang dihasilkan. Softbox dapat menghasilkan efek bayangan persegi pada mata model.

13. Octo Dome
Octo Dome sama seperti Softbox menghasilkan efek cahaya yang lebih halus dan cahaya yang terarah, selain itu octodome menghasilkan efek bayangan segi delapan pada pupil mata model.

14. Snoot
Snoot digunakan untuk mengarahkan pencahayaan ke bagian tertentu saja agar mendapatkan efek spot, Alat ini biasanya digunakan di diatas dan dibelakang objek untuk menyinari rambut sehingga objek terpisah dengan latar belakang. misalnya untuk Hairlight.

 Salam Satu Cahaya Kekuatan Pikiran Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - Peralatan - Perlengkapan Studio Foto

Jumat, 10 Februari 2012

Tahap Pembuatan Logo

Link ke posting ini
print this page Print NCB
Tahap Pembuatan Logo


Secara garis besar, ada 3 tahapan yang akan dilalui dalam pembuatan logo. Tahapan-tahapan yang akan dilalui adalah sebagai berikut :
1. Pra Desain (Tahapan Konsepsi)
Pada tahapan ini semua hal yang mendasari dan melatarbelakangi sebuah logo ditentukan. Tahapan ini merancang sebuah kerangka berfikir dan juga guidelines mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh ada dalam sebuah logo, serta apa maknanya bagi sebuah perusahaan.
2. Proses Desain
Pada tahap ini dibutuhkan pemahaman akan dasar perancangan logo yang baik, sehingga dalam penentuan logo ada guidlines yang jelas, dengan tujuan yang diinginkan.
3. Pasca Desain
Pada tahap ini terdapat beberapa aplikasi untuk berbagai kepentingan, diantaranya: mencetak, desktop publishing, web publishing.

link: arti logo, jenis logo, tipe logo klik
       terminologi logo klik

Salam Satu Cahaya Kekuatan Pikiran Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - Tahap Pembuatan Logo

Terminologi Logo

Link ke posting ini
print this page Print NCB
Terminologi Sebuah Logo

Terminologi sebuah logo:
Filosofis. Logo harus memiliki nilai filosofis tertentu, yang tentunya menceminkan perusahaan itu sendiri atau sebuah produk.

Sederhana. Logo sederhana lebih menguntungkan daripada logo rumit. Asumsi ini didasarkan pada psikologi manusia karena lebih cepat dihafal dan disimpan dalam ingatan.

Warna. Warna akan cukup penting dalam sebuah logo sebagai nilai kekhasan sebuah logo. Namun perlu diingat, warna yang digunakan jangan terlalu banyak. Ini akan mengubah kerumitan dan menimbulkan masalah baru. Dua warna akan lebih baik ketimbang menggunakan tiga warna atau lebih.

link: arti logo, jenis logo, tipe logo klik

Salam Satu Cahaya Kekuatan Pikiran Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - Terminologi Logo

free download administrasi guru pns

Link ke posting ini
print this page Print NCB
Free download Administrasi Guru PNS

link blog: berkas gambar Surat Penggunaan Gelar S1 S2,  
free download docx klik link berikut:
1. surat ijin penggunaan gelar cover download docx
2. surat ijin penggunaan gelar download docx
3. surat pernyataan ijin penggunaan gelar download docx

======================
link blog: berkas
Persyaratan Pembuatan KARPEG KARSU KARIS PNS Kota Tegal
free dowload docx klik link berikut
Persyaratan Pembuatan KARPEG KARSU KARIS PNS Kota Tegal download docx

======================
free download data excel atau *.xlsx mail merge
link berikut:
Administrasi Try Out I UPTD SMK 3 Tegal:
01. download .xlsx Administrasi Daftar Penggunaan Ruang dan peserta Try Out 1 tahun 2011/ 2012
02. download .xlsx Ruang di Cover tempel - Try Out 1 tahun 2011/ 2012

03. download .xlsx Daftar Hadir Peserta - Try Out 1 tahun 2011/ 2012
04. download .xlsx Denah Tempat duduk dan Paket Soal - Try Out 1 tahun 2011/ 2012

05. download .xlsx Kartu Meja Peserta - Try Out 1 tahun 2011/ 2012

======================

free download doc surat pengantar kesalahan KARPEG negeri sipil 2012 kota tegal klik link berikut: 
bagi pegawai negeri sipil yang memiliki masalah kesalahan data karpeg surat pengantar ini contohnya doc.

======================

Data pendidik dan tenaga pendidik uptd smk 3 tegal 2011 - 2012 file .xlsx

======================
 RPP Bahasa Ingris SMK
 free download klik link berikut: kelas x semester ganjil genap 2013/ 2014
======================


Salam Satu Cahaya Kekuatan Pikiran Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - free download administrasi guru pns

Lembar Praktikum MTC Dasar

Link ke posting ini
print this page Print NCB
Materi MTC 


UPTD SMK 3 Tegal
Kompetensi Keahlian Multimedia
Lembar Praktikum Dasar MTC 2012

X Multimedia Tahun Pelajaran 2011/ 2012 
Semester Genap


Instruktur: 
Nin Subkhanudin Fadhila 
Mohamad Ismail


download lembar praktikum dasar mtc





 Salam Satu Cahaya Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - Lembar Praktikum MTC Dasar

Peralatan Tata Cahaya

Link ke posting ini
print this page Print NCB
Materi MTC 


UPTD SMK 3 Tegal
Kompetensi Keahlian Multimedia
Peralatan Tata Cahaya (Pembagian Jenis Lampu)


Kerja tata cahaya/ lampu adalah kerja pengaturan sinar di atas pentas. Kecakapan dalam mendisitribusi cahaya ke atas pentas sangat dibutuhkan. Dengan peralatan tata cahaya, kontrol atau kendali atas distribusi cahaya itu dapat dikerjakan. Penata cahaya perlu mengendalikan intensitas, warna, arah, bentuk, ukuran, dan kualitas cahaya serta gerak arus cahaya. Semua kendali itu bisa dimungkinkan karena adanya peralatan tata cahaya/ lampu yang memang dirancang untuk tujuan ter-sebut. Penguasaan peralatan tata cahaya/ lampu wajib dipelajari oleh penata cahaya. 

A. Lampu pentas terbagi menjadi tiga bagian besar yaitu lampu strip, lampu spot, dan lampu general.

1. Lampu strip terbagi menjadi dua yaitu lampu kaki (lampu yang diletakkan di batas depan bawah pentas yang berguna untuk menghilangkan bayang-bayang) dan lampu border (lampu yang diletakkan di atas pentas di belakang border dan fungsinya sama dengan lampu kaki). 

Beberapa lampu flood yang dirangkai dalam satu kotak dan digantung di atas panggung ini disebut dengan batten atau strip light. Fungsi lampu ini adalah untuk menyinari backdrop atau siklorama dari atas. 

Tetapi jika rangkaian tersebut diletakkan di bawah pada panggung depan dengan tujuan untuk menyinari aktor dari bawah disebut dengan footlight. 

Jika rangkaian ini diletakkan di bawah tetapi tidak di bagian depan panggung dengan tujuan untuk menyinari backdrop atau objek tertentu dari bawah disebut dengan groundrow.


Reflektor
Untuk memancarkan cahaya dari bohlam ke objek yang disinari dibutuhkan reflektor. Cahaya yang hanya berasal dari bohlam sinar-nya kurang kuat dan tidak terarah pancarannya. Dengan reflektor maka pancaran cahaya yang berasal dari bohlam dapat ditingkatkan, diatur, dan diarahkan.

Dalam tata cahaya/ lampu panggung terdapat banyak jenis lampu. Akan tetapi, secara mendasar dikategorikan ke dalam dua jenis, yaitu flood dan spot. Flood memiliki cahaya dengan sinar yang menyebar sedangkan spot memiliki sinar yang menyorot terarah. Semua lampu memiliki keistimewaan tersendiri dalam menghasilkan cahaya.

2. Lampu spot yaitu lampu yang mempunyai sumber sinar dengan intensif memberikan sinar pada satu titik bidang tertentu. Fungsinya untuk menonjolkan arena permainan dan sekaligus membangun suasana permainan.

Fresnellight 

Lampu fresnel merupakan lampu spot yang memiliki garis atas sinar cahaya yang lembut. 
Lampu ini menggunakan reflektor spherical dan lensa fresnel. 
Karena karakter lensa fresnel yang bergerigi pada sisi luarnya maka bagian tengah lingkaran cahaya yang dihasilkan lebih terang dan meredup ke arah garis tepi cahaya. 

Pengaturan ukuran sinar cahaya dilakukan dengan menggerakkan bohlam dan reflektor mendekati lensa. Semakin dekat bohlam dan reflektor ke lensa maka lingkaran sinar cahaya yang dihasilkan semakin besar. Sifat lingkaran cahaya yang lembut memungkinkan dua atau lebih lampu fresnel memadukan warna cahaya pada objek atau area yang disinari. Kekurangan dari lampu fresnel adalah intensitas cahaya tertinggi ada pada pusat lingkaran cahaya sehingga jika seorang aktor berdiri agak jauk dari pusat lingkaran cahaya maka ia kurang mendapat cukup cahaya.

Lampu fresnel dibuat dengan berbagai macam variasi ukuran lensa dan kekuatan (daya). Ukuran lensa dan kekuatan daya mempengaruhi hasil pencahayaan. 
Selain itu, karena sifatnya yang sedikit menyebar maka jika jarak lampu terlalu jauh dari objek sebaran cahayanya akan menerobos ke objek lain. 
Karena sifatnya ini, lampu fresnel tidak tepat jika dipasang di baris depan panggung proscenium (apron) karena sebaran cahayanya bisa menerangi bingkai panggung. Fresnel lebih efektif di pasang untuk menyinari panggung tengah.

Profilelight 

Lampu profile termasuk lampu spot yang menggunakan lensa plano convex sehingga lingkaran sinar cahaya yang dihasilkan memiliki garis tepi yang tegas. 

Dengan mengatur posisi lensa, maka lingkaran sinar cahaya bisa disesuaikan. Jika lampu profile dalam keadaan fokus maka batas lingkaran cahaya akan jelas terlihat dan jika tidak fokus batas lingkaran caha-yanya akan mengabur meskipun tidak selembut lampu fresnel. 

Lampu profile digunakan karena besaran lingkaran cahaya dan derajat penyinarannya bisa diatur sedemikian rupa. Selain bentuk sinar cahaya yang melingkar lampu profile dapat mem-bentuk cahaya secara fleksibel dengan bantuan shutter. Shutter atau penutup cahaya ini terpasang di empat sisi (atas, bawah, kanan, dan kiri). Dengan mengatur posisi shutter ini maka bentuk cahaya yang dinginkan dapat dikreasikan.

Follow Spot Light 

Lampu follow spot sering juga disebut lime adalah lampu yang dapat dikendalikan secara langsung oleh operator untuk mengikuti gerak laku aktor di atas panggung. 

Karena dikendalikan secara manual maka lampu ini memiliki struktur yang kuat baik secara optik maupun mekanik. Keseimbangan diatur sedemikian rupa sehingga gerak ke atas dan ke bawah, ke kanan dan kekiri dapat mengalir dengan baik. 

Pengaturan besar kecilnya ukuran lingkaran sinar cahaya, fokus, dan warna diatur oleh pengendali. Untuk menempatkan lampu ini diperlukan duduk-an (stand) khusus yang dapat diputar dan diatur tinggi rendahnya.

3. Lampu general atau Floodlight yaitu lampu yang mempunyai kekuatan sinar yang besar dan tanpa lensa. Fungsinya untuk menerangi arena permainan.

Floodlight
 
Bentuk paling sederhana dalam khasanah lampu panggung adalah floodlight
Bohlam dan reflektor diletakkan dalam sebuah kotak yang dapat diarahkan ke kanan dan ke kiri serta ke atas dan ke bawah untuk mengatur jatuhnya cahaya. 

Penggunaan lampu flood efektif untuk menyinari backdrop (siklorama) atau ob-jek tertentu dengan jarak dekat. Lampu flood yang menggunakan watt besar dan dikhususkan untuk menyinari back-drop disebut cyclight.

Lampu flood dapat dikombinasikan dengan merangkai beberapa lampu dalam satu wadah (compartment). Warna diatur sedemikian rupa sehingga dalam satu kotak terdapat beberapa lampu yang memiliki warna sama. 

Scooplight 

Lampu scoop adalah lampu flood yang menggunakan reflektor ellipsoidal dan dapat digunakan untuk berbagai macam ke-perluan. Sinar cahaya yang dihasilkan memancar secara merata dengan lembut. Lampu ini sangat efisien untuk menerangi areal tertentu yang terbatas. Karakter cahayanya yang lembut

membuat lampu scoop sangat ideal untuk memadukan warna cahaya. Selain digunakan untuk panggung teater, lampu scoop juga digunakan untuk televisi, studio photografi, dan gedung yang membutuhkan penerangan khusus, seperti museum.


B. Dimmer dan Kontrol


Untuk mengkontrol intensitas cahaya dan mengatur perubahan cahaya dalam intensitas tertentu dibutuhkan alat yang disebut dimmer.

Secara sederhana sumber listrik dialirkan ke sebuah dimmer untuk mengalirkan arus listrik ke lampu.


Dimmer dapat mengubah intensitas cahaya dari rendah ketinggi atau sebaliknya dengan mengatur panas (temperatur) yang mengalir kefilamen bohlam.
Untuk kepentingan panggung tidak mungkin menggunakan satu dimmer untuk  satu  lampu. Hal  ini  akan  memerlukan  proses  lama dalam pemasangannya. Oleh karena itu dimmer untuk lampu panggung dibuat satu unit yang dapat menampung banyak lampu dan disebut dengan dimmer rack.
Terdapat banyak jenis, ukuran dan kekuatan dimmer rack. Ada dimmer rack berukuran besar dan berat yang dipasang secara permanen di dalam sebuah gedung pertunjukan tetapi ada juga dimmer rack yang dirancang khusus untuk pentas keliling sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Dengan bantuan dimmer, operasional dan pengendalian intensitas cahaya lampu menjadi mudah. Meskipun demikian dalam sebuah dimmer rack yang memiliki banyak channel tidak menyediakan tombol atau alat pengendali intensiatas yang mudah diakses. Dalam dimmer generasi lama disediakan gagang pengendali intensitas, tetapi hal ini membuat ukuran dimmer menjadi besar.
 
Dimmer modern tidak menyediakan pengendali tersebut selain sebuah tombol  kecil pada masing-masing channel. Untuk  membantu  tugaspengendalian intensitas dibutuhkan remote control (pengendali jarak jauh).Kontrol jarak jauh ini berupa papan atau meja yang menyediakan tombol atau bilah pengendali intensitas atau lever  yang dihubungkan ke dimmer.
 
Jadi, ia mengambil alih fungsi pengendali pada dimmer. Dengan demikian, rangkaian sederhana jika digambarkan adalah sumber listrik menyediakan energi yang dialirkan ke dimmer  (power in) kemudian dialirkan keluar ke lampu (circuit out) dan fungsi pengendali dialirkan ke remote control. 

Remote control atau pengendali jarak jauh sering disebut dengan control desk (meja  pengendali) karena  harus  diletakkan di  atas  meja  untukmenggunakannya.  Ukuran  dan  jenisnya  bermacam-macam. Ada yang dioperasikan secara manual ada juga yang sudah menggunakan komputer sehingga bisa diprogram untuk mengendalikan intensitas secara otomatis.

referensi:

Salam Satu Cahaya Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - Peralatan Tata Cahaya

Tujuan Tata Cahaya

Link ke posting ini
print this page Print NCB
Materi MTC 


UPTD SMK 3 Tegal
Kompetensi Keahlian Multimedia
Tujuan Tata Cahaya
a. Menerangi dan menyinari
Menerangi yaitu cara menggunakan lampu sekedar untuk memberi terang dan melenyapkan gelap. Jadi semua pentas dan barang-barang yang ada, baik yang penting maupun yang tidak penting semua diterangi.

Menyinari yaitu cara menggunakan lampu untuk membuat bagian-bagian pentas sesuai dengan keadaan dramatik lakon. Jadi dengan menyinari daerah-daerah tertentu maka ada sesuatu atau suasana yang lebih yang hendak ditonjolkan agar tercapai efek dramatik.

b. Mengingatkan efek cahaya alamiah. Maksudnya, menentukan keadaan jam, musim, cuaca, keadaan dengan menggunakan tata cahaya.

c. Membantu melukiskan dekor atau scenery dalam menambah nilai warna sehingga tercapai adanya sinar dan bayangan menonjolkan fungsi dekorasi.

d. Membantu permainan lakon dengan cara membantu menciptakan suasana kejiwaan.


Salam Satu Cahaya Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - Tujuan Tata Cahaya

Fungsi Pendukung Tata Cahaya

Link ke posting ini
print this page Print NCB
 Materi MTC 


UPTD SMK 3 Tegal
Kompetensi Keahlian Multimedia
Fungsi Pendukung Tata Cahaya

Selain keempat fungsi pokok di atas, tata cahaya memiliki fungsi pendukung yang dikembangkan secara berlainan oleh masing-masing ahli tata cahaya. Beberapa fungsi pendukung yang dapat ditemukan dalam tata cahaya adalah sebagai berikut.

Gerak. Tata cahaya tidaklah statis. Sepanjang pementasan, cahaya selalu bergerak dan berpindah dari area satu ke area lain, dari objek satu ke objek lain. Gerak perpindahan cahaya ini mengalir sehingga kadang-kadang perubahannya disadari oleh penonton dan kadang tidak. Jika perpindahan cahaya bergerak dari aktor satu ke aktor lain dalam area yang berbeda, penonton dapat melihatnya dengan jelas. Tetapi pergantian cahaya dalam satu area ketika adegan tengah berlangsung terkadang tidak secara langsung disadari. Tanpa sadar penon-ton dibawa ke dalam suasana yang berbeda melalui perubahan cahaya.

Gaya. Cahaya dapat menunjukkan gaya pementasan yang sedang dilakonkan. Gaya realis atau naturalis yang mensyaratkan detil kenyataan mengharuskan tata cahaya mengikuti cahaya alami seperti matahari, bulan atau lampu meja. Dalam gaya Surealis tata cahaya diproyeksikan untuk menyajikan imajinasi atau fantasi di luar kenyataan seharihari. Dalam pementasan komedi atau dagelan tata cahaya membutuhkan tingkat penerangan yang tinggi sehingga setiap gerak lucu yang dilakukan oleh aktor dapat tertangkap jelas oleh penonton.

Komposisi. Cahaya dapat dimanfaatkan untuk menciptakan lukisan panggung melalui tatanan warna yang dihasilkannya.

Penekanan. Tata cahaya dapat memberikan penekanan tertentu pada adegan atau objek yang dinginkan. Penggunaan warna serta intensitas dapat menarik perhatian penonton se-hingga membantu pesan yang hendak disampaikan. Sebuah bagian bangunan yang tinggi yang senantiasa disinari cahaya sepanjang pertunjukan akan menarik perhatian penonton dan menimbulkan pertanyaan sehingga membuat penonton menyelidiki maksud dari hal tersebut.




Pemberian tanda. Cahaya berfungsi untuk memberi tanda selama pertunjukan berlangsung. Misalnya, fade out untuk mengakhiri sebuah adegan, fade in untuk memulai adegan dan black out sebagai akhir dari cerita. Dalam pementasan teater tradisional, black out biasanya digunakan sebagai tanda ganti adegan diiringi dengan pergantian set. 


 Salam Satu Cahaya Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - Fungsi Pendukung Tata Cahaya

Kamis, 09 Februari 2012

Fungsi Tata Cahaya/ Lampu

Link ke posting ini
print this page Print NCB
 Materi MTC 


UPTD SMK 3 Tegal
Kompetensi Keahlian Multimedia
Fungsi Pokok Tata Cahaya/ Lampu

Tata cahaya/ lampu yang hadir di atas panggung dan menyinari semua objek sesungguhnya menghadirkan kemungkinan bagi sutradara, aktor dan penonton untuk saling melihat dan berkomunikasi. Semua objek yang disinari memberikan gambaran yang jelas kepada penonton tentang segala sesuatu yang akan dikomunikasikan. Dengan cahaya, sutradara dapat menghadirkan ilusi imajinatif. Banyak hal yang bisa difungsikan bekaitan dengan peran tata cahaya/ lampu tetapi fungsi dasar tata cahaya/lampu ini ada empat, yaitu penerangan, dimensi, pemilihan, dan atmosfir.

Penerangan. Inilah fungsi paling mendasar dari tata cahaya. Lampu memberi penerangan pada pemain dan setiap objek yang ada di atas panggung. Istilah penerangan dalam tata cahaya/ panggung bukan hanya sekedar memberi efek terang sehingga bisa dilihat tetapi juga memberi penerangan bagian tertentu dengan intensitas tertentu. Tidak semua area di atas panggung memiliki tingkat terang yang sama tetapi diatur dengan tujuan dan maksud tertentu sehingga menegaskan pesan yang hendak disampaikan melalui laku aktor di atas pentas.

Dimensi. Dengan tata cahaya/lampu kedalaman sebuah objek dapat dicitrakan. Dimensi dapat diciptakan dengan memba-gi sisi gelap dan terang atas objek yang disinari sehingga membantu perspektif tata panggung. Jika semua objek diterangi dengan intensitas yang sama maka gambar yang akan tertangkap oleh mata penonton menjadi datar. Dengan pengaturan tingkat intensitas serta pemilahan sisi gelap dan terang maka dimensi objek akan muncul.

Pemilihan. Tata cahaya/ lampu dapat dimanfaatkan untuk menentukan objek dan area yang hendak disinari. Jika dalam film dan televisi sutradara dapat memilih adegan mengguna-kan kamera maka sutradara panggung melakukannya dengan cahaya. Dalam teater, penonton secara normal dapat melihat seluruh area panggung, untuk memberikan fokus perhatian pada area atau aksi tertentu. Pengaturan tata cahaya/ lampu ini tidak hanya berpengaruh bagi perhatian penonton tetapi juga bagi para aktor di atas pentas serta keindahan tata panggung yang dihadirkan.

Atmosfir. Yang paling menarik dari fungsi tata cahaya/ lampu adalah kemampuannya menghadirkan suasana yang mempe-ngaruhi emosi penonton. Kata “atmosfir” digunakan untuk menjelaskan suasana serta emosi yang terkandung dalam peristiwa lakon. Tata cahaya/ lampu mampu menghadirkan suasana yang dikehendaki oleh lakon. Sejak ditemukannya teknologi pencahayaan panggung, efek lampu dapat diciptakan untuk menirukan cahaya bulan dan matahari pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, warna cahaya matahari pagi berbeda dengan siang hari.

Keempat fungsi pokok tata cahaya di atas tidak berdiri sendiri. Artinya, masing-masing fungsi memiliki interaksi (saling mempengaruhi). Fungsi penerangan dilakukan dengan memilih area tertentu untuk memberikan gambaran dimensional objek, suasana, dan emosi peristiwa

 Salam Satu Cahaya Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
SeLeNgKaP Nya - Fungsi Tata Cahaya/ Lampu