Laman

Monday, August 29, 2011

ZaKaT

ZAKAT

Sungguh berbahagia orang-orang mukmin yang khusu dalam shalatnya yang berpaling dari pada hal yang sia-sia dan yang membayarkan zakatnya (Al-mukminun ayat 1-4)

Dalam melakukan jual-beli janganlah melakukan riba, memang pada dasarnya harta manusia itu akan bertambah namun harta itu tidak diridhoi Allah. Tetapi dengan zakat dikeluarkan dan mengharap keridhoan Allah maka berlipat pula pahalanya.

Rasulullah bersabda: Agama islam itu didirikan atas lima perkara:
1.             mengucapkan syahadat
2.             mendirikan shalat
3.             memberikan zakat
4.             berhaji dan
5.             berpuasa di bulan Ramadhan
(diriwayatkan oleh ibnu umar dalam kitab shahih bukhari)

Ada beberapa macam zakat yaitu:
Zakat fitrah
Apabila terbenam matahari pada akhir bulan Ramadhan, sedang kamu berkelapangan risqi maka keluarkan zakat fitrah sebanyak satu shak dari bahan makananmu sebelum shalat ied untuk membersihkan puasamu dan untuk oranmg-orang miskin.
Zakat tanaman
Apabila hasil tanaman telah mencapai nizab yaitu 5 wasaq maka zakat yang dikeluarkan 10%, jika dengan sarana pengairan 5%.
Rasulullah bersabda pada hadist yang artinya:
Pada tanaman yang tersiram hujan dari air langit dan dari mata air yang digenangi air selokan, dikenakan zakat persepuluhnya, sedang bagi tanaman yang disiram dengan sarana pengairan, seperduapuluhnya.
Zakat hewan
Apabila kamu memiliki hewan ternak yaitu unta, kambing atau sapi, jumlahnya mencapai pada nizabnya, yaitu: 40 ekor kambing, atau 30 ekor sapi, sedang telah setahun menjadi kepunyaanmu maka keluarkanlah.
Zakat emas
Apabila barang perak sudah pada nizabnya seberat 200 dirham (5 awaq = 672 gr) demikian juga emas dan telah menjadi milikmu genap 1tahun maka keluarkanlah zakatnya yaitu seperempat puluhnya demikian juga perhiasanmu lainnya.

ORANG-ORANG YANG MENERIMA ZAKAT
Zakat sebaiknya diberikn pada 8 golongan  penerima zakat yaitu:
1.             fakir
2.             miskin
3.             yang disuruh mengurusi zakat
4.             yang sedang diperlembut hatinya
5.             budak belian
6.             yang berhutang
7.             sabilillah
8.             anak jalan yang kehabisan bekal dan tidak digunakan untuk maksiat

Adapun zakat fitrah digunakan untuk fakir dan miskin. Zakat itu dikeluarkan sesuai waktunya.

Sedangkan kurang dari 24 maka zakatnya setiap 5 ekor dikenakan zakat seekor kambing. 25-35 ekor unta zakatnya seekor anak unta betina berumur 2 tahun. 36-45 unta, zakatnya seekor unta betina berumur 3 tahun. 49-60 ekor zakatnya seekor anak unta betina berumur 4 tahun. 61-75 ekor unta, zakatnya seekor anak unta berumur 5 tahun. 76-90 ekor zakatnya 2 ekor anak unta betina berumur 2 tahun. 91-120 ekor, zakatnya 2 ekor anak unta unta berumur 4 tahun dan berahir masa kawinnya. Sedangkan jikan lebih dari 120 ekor maka pada tiap ekor, dikenakan zakat seekor unta betina berumur 4 tahun.
Sedangkan jika ada 40-120 ekor, dikenakan zakat seekor zakat kambing. 120-200 ekor zakatnya 2 ekor zakatnya 2 ekor kambing. 200-300 ekor zakatnya 3 ekor kambing. 300 lebih maka tiap 100 dikenakan zakat seekor kambing.

Sedangkan untuk emas dan perak, jika disimpan dan tidak dibelanjakan dijalan Allah, maka mereka yang menyimpannya itu akan mendapat siksa termat pedih dari Allah.

Dalam suatu hadist menjelaskan yang artinya:
Sedekah kepada orang-orang miskin itulah suatu “amal” tapi sedekah kepada sanak kerabat itu terhitung sedekah dan pengekal kerabat. (diriwayatkan oleh ibnu majah dan tirmidzi)

 Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks