Laman

Tuesday, April 12, 2011

sekolah yang efektif dan sekolah unggul


Membedakan antara antara sekolah yang efektif dan sekolah unggul.

Sekolah yang efektif menggambarkan adanya keefektifan dalam proses pendidikan sehingga hasilnya maksimal. Atrinya, walaupun keadaan input siswa, guru dan fasilitas pas-pasan tidak nomor satu akan tetapi menghasilkan lulusan nomor satu atau hasil rata-ratanya sangat signifikan.

Sementara itu yang disebut sekolah unggul adalah sekolah yang memang unggul dalam berbagai hal: siswa dan guru pilihan, bangunan fisik megah dan fasilitas lengkap, dan unggul pula dalam biaya pendidikannya.

Pertanyaan yang muncul Apakah sekolah unggul ini pasti efektif?

Jawabannya belum tentu dan sampai sekarang tidak ada jaminan untuk itu. Namun demikian, dengan keunggulannya itu tentunya memiliki peluang lebih besar untuk menjadi sekolah yang efekif atau sekolah yang lebih baik.

Kita bisa lihat dalam beberapa tahun belakangan sekolah-sekolah yang mengandalkan prasarana banyak muncul seperti " cendawan di musim hujan " dengan sistem full day school dengan fasilitas plus plus mulai antar jemput, gedung dan fasilitas sekolah layaknya hotel berbintang, sistem pembelajaran e-learning, dan berbagai bentuk kegiatan ekstra kurikuler.

Lembaga pendidikan unggul seperti ini ini banyak disponsori oleh para konglomerat, pengusaha besar dan bahkan perwakilan Negara asing.

Untuk melakukan penilaian terhadap efektifitas sekolah yang meliputi delapan aspek Terdapat beberapa pendekatan untuk menilai kualitas sebuah sekolah. Pendekatan-pendekatan itu terkait dengan perspektif yang digunakan dalam memahami hakekat sekolah. Ahli filsafat pendidikan mengemukakan "sejauh mana sekolah mampu merumuskan tujuan dan nilai-nilai yang mampu menjadi arah dan menjiwai visi, misi, dan proses penyelenggaraan pendidikan, utamanya tercermin dalam sistem kurikulumnya".

Mengukur keefektifan sekolah bukan karena vasilitas yang mendukung sekolah tersebut semata melainkan aspek lulusan , kepuasan terhadap prestasi murid baik dalam pengetahuan, bakat, kreatifitas dan prestasi kerja guru, partisipasi dan kepuasan wali murid sebagai pelanggan (customer), keefektifan kepemimpinan, kelangsungan organisasi sekolah dan lain sebagainya.

Salam kekuatan berawal dari hati  bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks