Laman

Wednesday, November 2, 2011

PRACTICE OF CAMTASIA - materi multimedia smk

PRACTICE OF CAMTASIA
materi multimedia uptd smk 3 kota tegal


1.   SEKILAS TENTANG CAMTASIA
Camtasia adalah software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation atau klik link ini. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop komputer.
Software ini bisa kita manfatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning. untuk download camtasia klik link berikut download camtasia.
·   Navigasi (Kontrol) Utama Dalam Camtasia
Dalam software ini terdapat empat navigasi utama yang perlu kita pahami agar kita dapat menggunakan dan memahami software ini, navigasi utama tersebut adalah :
1. Record (berfungsi untuk merekam aktivitas atau kegiatan pada desktop computer)
2. Edit (berfungsi untuk mengedit hasil rekaman yang sebelumnya telah direkam pada desktop computer)
3. Produce (berfungsi untuk memproduksi hasil rekaman yang telah di record serta di edit sebelumnya)
4. Share (berfungsi sebagai finishing atau hasil akhir dari ketiga poin diatas, kita bisa share hasil record yang telah dibuat ke dalam bentuk CD, DVD, MPEG4, IPOD, IPON, atau menyimpannya kedalam blog atau web yang kita punya)

2.   APLIKASI SOFTWARE CAMTASIA
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa camtasia adalah suatu perangkat lunak yang bisa merekam aktifitas yang ada pada desktop computer. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai aplikasi software Camtasia ini.
·   Membuat Video Tutorial
A. Record The Screen Menu
Camtasia dapat merekam screen yang ada pada desktop, ini berfungsi apabila kita akan membuat suatu vidio tutorial yang bahan-bahan utamanaya terdapat pada desktop komputer. Kita ambil contoh, misalkan kita akan membuat video tutorial mengenai Tips Mengumpulkan Materi Pelajaran Menggunakan Internet Menggunakan Kata Kunci Yang Tepat.
Kita bisa merekam kegiatan browshing kita diinternet untuk kemudian kita jadikan video tutorial. Kita juga bisa merekam program atau aplikasi lain yang ada dikomputer kita. Berikut langkah-langkah merekam screen pada desktop.
1.  Klik start pilih all program kemudian cari folder camtasia dan klik 2x icon camtasia, atau bila icon camtasia telah ada pada desktop maka langsung klik 2x icon.
2.  Selanjutnya pilih menu Record the Screen.
3.  Kemudian kita menentukan ukuran screen yang akan kita rekam. Coba kita perhatikan menu navigasi recording, menu tersebut terdiri dari lima bagian icon, yaitu full screen icon, costum screen, kamera, dan audio. Kita bisa mengesetnya sesuai dengan kebutuhan kita.
4.  Setelah kita menentukan ukuran screen, kunci ukuran tersebut dengan
mengklik icon rantai disebelah costum screen menu. Apabila kita akan menambhkan suara (audio) dan kamera pastikan microphone dan web cam kita telah terhubung dengan komputer. Lalu klik icon Rec dan kita bisa memulai merekam aktifitas pada desktop. Kita juga bisa menggunakan tombol F9 pada keyboard kita untuk memulai merekam dan tombol F10 untuk stop recording.
5. Langkah selanjutnya adalah mulai merekam, apabila telah selesai tekan tombol F10 pada keyboard.
6.  Setelah tahapan merekam selesai kita akan dibawa pada tampilan diatas. Disana kita bisa melihat hasil rekaman kita untuk kemudian kita pilih langkah selanjutnya. Kita bisa langsung save project kita apabila ingin mengeditnya nanti, atau kita bisa mendelete project kita apabila dirasa kurang memuaskan, jika kita telah yakin dengan hasil rekaman kita kita dan dirasa tidak ada yang perlu diedit kita bisa pergi pada menu produce dan langsung memproduksi rekaman kita tanpa proses editing, namun apabila kita ingin mengedit terlebih dahulu kita bisa pergi kemenu edit, menu editing.
7.  Setelah kita ada pada menu edit disana kita bisa melihat vidio previews seperti yang ada pada gambar diatas. Pada Story board kita bisa melihat time line (durasi rekaman) kita juga misa memotong bagian yang tidak kita inginkan dengan memilih icon gunting (Cut Bottom), mempercepat bagian dengan memilih icon split. Apabila vidio telah selesai kita edit maka langkah selanjutnya adalah memproduksi vidio.
8.  Pilih menu produce vidio as yang ada pada task list Camtasia Studio.
9. Pilih jenis produksi apa yang kita inginkan, namun lebih baik kita pilih web karena produksi lainnya bisa disetting nanti. Kemudian pilih next.

10. Beri nama hasil rekaman kita, kemudian pilih next dan finish, setelah itu Camtasia akan memulai proses rendering.
11. Apabila sudah 100% maka kita telah berhasil membuat vidio tutorial.
12. Hasil akhir vidio yang telah diproduksi dan diputar di Windows Media Player.

B.     Merekam Power Point (Record Power Point)

Setelah penjelasan mengenai Screen Shoot sekarang mari kita beralih kepada tahapan selanjutya yaitu membuat video presentasi mengunakan Power Point dan tentunya dengan menggunakan Camtasia. Sebelum kita mulai membuat video presentasi ada baiknya kita memperhatikan hal-hal berikut: 
-          Siapkan materi Power Point 
-          Pastikan microphone sudah terhubung dengan baik dengan computer 
-          Kita juga bisa menambahkan Web Cam untuk hasil Picture to picture dalam Video presentasi kita. Untuk selanjutnya mari kita mulai merekam video presentasi kita. 
·       LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT VIDEO PRESENTASI DENGAN CAMTASIA: 
1.  Pada dasarnya langkah-langkahnya hampir sama dengan membuat video tutorial apabila dalam membuat video tutorial menu yang dipilih adalah record the screen maka dalam membuat video presentasi menu yang dipilih adalah record the power point. Pada tampilan awal kita membuka camtasia studio seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ada icon-icon yang muncul salah satu diantaranya adalah icon Record The Power Point maka kita pilih menu tersebut dengan mengklik iconnya 2x..
2.  Setelah kita klik menu record the power point, maka kita akan dibawa ke jendela power point, lalu kita buka materi yang akan kita rekam. Bila kita menggunakan office 2003 icon record pada Power Point sudah tersedia dimenu toll bar namun bila kita menggunakan office 2007 maka kita perlu mencari icon Add In untuk bisa mulai merekam presentasi kita.
3. Pada gambar sebelumnya terdapat Navigasi pada icon Add In, diantaranya adalah record, Microphone test, Camera Previews, dan tool bar option untuk mensetting microphone dan marker mouse jika diinginkan. Apabila semuanya sudah kita set maka kita bisa mulai merekam dengan mengklik icon record.
4.  Selanjutnya kita hanya tinggal merekam hasil presentasi kita, apabila kita telah selesai merekam untuk berhenti merekam kita tekan tombol Cltr + Shift + F10.
5.  Kita klik stop recording kemudian save hasilnya, selanjutnya kita edit sebelum kita produksi dengan memilih menu edit your recording 
6. Selanjutnya kita edit hasil rekaman kita, pada dasarnya sama seperti penjelasan mengedit screenshoot yang tadi dijelaskan sebelumnya.
7.  Anggap kita telah mengedit hasil rekaman kita. Langkah selanjutnya adalah memproduksi hasil rekaman. Pilih menu produce video as.Klik next Pilih recommend setting kemudian next
8.  Pada tampilan selanjutnya kita diminta untuk memberi nama hasil video kita. Beri nama sesuai dengan judul video presentasi kita
9.  Setelah itu kita pilih finish maka hasilnya akan tersimpan secara langsung pada folder camtasia studio yang ada pada document kita, sesuai dengan judul video kita.
====== SELAMAT MENCOBA ======
GOOD LUCK U’R PRACTICE
ninsfst@gmail.com
 Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks