Laman

Tuesday, November 15, 2011

Imposisi Imposition - Materi Grafika

Imposisi


Imposisi adalah tahap penggabungan beberapa halaman/ film agar ketika dicetak susunan halaman sesuai dengan yang direncanakan. Imposisi atau montase dapat dilakukan secara manual dan elektronik.

Kelemahan dari sistem manual, yang perlu diperhatikan, antara lain:
(1) perubahan dot karena harus melalui proses dikontak lagi ke pelat cetak,
(2) tidak menjamin kebersihannya,
(3) sering terjadi misregister atau ketidak akuratan karena kesalahan manusia, dan
(4) waktu pengerjaannya memakan waktu yang cukup lama.


Imposisi system elektronik penyusunannya secara digital. Penggunaan sistem ini hampir tidak ada kelemahannya, kecuali jika menggunakan sumber daya manusia yang kurang kompeten.
Imposisi elektronik membutuhkan waktu yang relatif singkat karena penyusunannya secara digital, seandainya ada kesalahan penggabungan yang kurang sesuai bisa diedit secara cepat. Pengecekannya juga dapat dilihat langsung dilayar monitor. Ketepatan cetaknya dapat dipastikan register karena dikerjakan secara digital.


Jika imposisi sistem manual, penggabungan film separasi dan hitam putih melalui tahapan yang berbeda, tentunya lebih lama yang film separasi. 
Sedangkan pada imposisi elektronik penggabungan halaman full colour dengan hitam putih tidak berbeda dan mudah untuk dikerjakan. Software yang sering digunakan untuk melakukan imposisi seperti QuarkXtension, DK&A Imposition, Impose (Barco), Signastation (Heidelberg), dan lain-lain.


salam kekuatan berawal dari hati  bayoete.blogspot.com

1 comment:

  1. saya lagi nyari tuh software buat imposisi bisakah agan memberi solusinya, trim's

    ReplyDelete

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks