Laman

Wednesday, January 4, 2012

Jenis Data Suara

Data Audio dan Midi


Segala bunyi yang terdengar oleh telinga manusia merupakan gelombang getaran suara yang sampai dan dapat ditangkap oleh gendang telinga. Banyaknya getaran itu diukur dengan satuan hertz, atau disingkat Hz. Daya tangkap pendengaran manusia sendiri adalah antara 20 Hz sampai 20.000 Hz (20 kHz).

Jika kita merekam dalam perangkat elektronika, dalam hal ini komputer, alat perekam itu akan menangkap gelombang atau sinyal asli (dikenal sebagai sinyal analog) dan memprosesnya menjadi sinyal digital. Proses pengubahan sinyal itu dikenal dengan istilah “sampling”. Karenanya, dalam perekaman atau konversi data suara, komputer akan memberikan pilihan samping rate. Standar untuk nada yang berkualitas sekarang ini adalah 44100 Hz atau 44kHz. Rate dibawah itu kualitasnya akan semakin rendah. Misalnya, rate 22050 kualitasnya setara dengan radio AM.

Suatu bunyi agar dapat didengar oeh telinga manusia, sinyal digital itu dikonversi lagi menjadi sinyalanalog oleh ampli atau perangkat audio lainnya. Bagaimana kualitasnya, hal itu tergantung pada nilai rate yang kita pilih.

Dalam dunia kompuer, dikenal adanya dua jenis data suara, yaitu “Audio” dan “MIDI” Perbedaan keduanya terdapat pada format data. 

Misal kita merekam suara organ atau keyboard kedalam komputer dengan format audio yang ekstensionnya adalah .wav. Apabila hasil rekamannya dimainkan kembali atau di play back hasilnya adalah suara yang persis sama dengan aslinya. Demikian pula jika filenya dicopy dan dibaca dikomputer manapun juga hasilnya akan sama.

Jika suara organ atau keyboard misal merek Yamaha) kita rekam dalam format MIDI (yang file ekstensionnya adalah .mid) dan file itu kita playback, maka suara yang kita dengan dikomputer akan berbeda dengan suara keyboard aslinya. Format MIDI hanya berbentuk kode untuk membaca data yang sudah ditentukan secara internasional. Kalau file ini dibaca dikomputer lain maka suara yang terdengar akan sama dengan hasil play back dari komputer lainnya.

Jika file MIDI hasil organ atau keyboard Yamaha ini dibaca oleh merek organ lain misalanya (Korg, Technic, atau Roland), maka suara yang terdengar bukan suara seperti Yamaha melainkan suara standar Korg, Technic atau Roland.

Berbeda dengan format audio yang tetap menghasilkan suara Yamaha. Namun MIDI memiliki keunggulan dengan ukuran filenya yang relatif kecil, dan dapat dibaca oleh perangkat alat musik yang memiliki fasilitas MIDI seperti Keyboard. Format audio tidak dapat dibaca oleh keyboard, MIDI tadak dapat diformat untuk suara vokal, untuk vokal tetap pada format audio.


Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks