Laman

Thursday, January 5, 2012

Proses Mixing

Mixing


Setelah selesai merekam atau mengedit sebuah lagu, mungkin kita ingin memindahkan data audio tersebut ke media lain seperti kaset atau CD, atau mendistribusikannya melalui internet, ada proses yang sebelumnya harus dilakukan yaitu Mixing. Kalau kita mendengarkan hasil rekaman dari artis atau kaset/ CD yang dijual dipasaran terdengar adanya dinamika baik dari volumenya, suara yang keluar dari speaker kiri dan kanan atau ada efek-efek khusus yang menambah unik lagu tersebut . Semua ini adalah hasil dari proses Mixing.

Proses Mixing adalah proses akhir yang bertujuan untuk mengatur detai lagu seperti volume utama (master/ main volume), volume tiap track dan posisi pan, mengubah setting efek-efek yang diperlukan, ini bisa juga dikatakan dalam tahap editing.

Hal-hal yang dilakukan dalam proses Mixing yaitu seperti:
1.    Mengatur posisi Pan yaitu posisi suara track yang akan keluar di speaker kiri atau kanan atau dari kedua-duanya
2.    Mengatur volume suatu track
3.    Menambah efek-efek audio
4.    Menghilangkan noise
5.    Dan semua hal dalam penyempurnaan kualitas audio yang diinginkan

Beberapa efek yang penting didalam Adobe Audition untuk proses mixing adalah:
Ø  Chorus
Ø  Delay
Ø  Flanger
Ø  Reverb

Efek diatas seringkali digunakan untuk menghaluskan kualitas suara yang direkam, tetapi bukan berarti efek yang lain tidak bermanfaat, semua efek sama pentingnya tergantung dari konsep audio mixing yang akan dikeluarkan.

Chorus, digunakan untuk menebalkan suara atau membuat satu suara menjadi banyak suara, efek ini seperti suara yang dihasilkan oleh paduan suara dimana setiap individu menyanyi pada pitch dan tempo yang sedikit berbeda satu sama lain tetapi menghasilkan suara yang kaya dan tebal.

Delay, digunakan untuk menghasilkan suara penundaan yang berulangulang dari suara aslinya.

Flanger, digunakan untuk mencampur suara asli dengan suara hasil delay sehingga menghasilkan kesan suara angin

Reverb, digunakan untuk menambah gema pada sebuah sumber suara, dengan efek ini suara bisa berkesan seperti di dalam gedung, ruang konser, gunung, padang pasir, atau bahkan didalam sebuah kamar mandi.

Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks