Karakteristik Multimedia
Sbg salah satu komponen sistem pmbljran, pemilihan & penggunaan multimdia pmbljran harus mmperhatikn karakteristik komponen lain, seperti: tujuan, materi, strategi & jg evaluasi pmbljran.
Karakteristik multimdia pmbljran adalah:
- Mmiliki lbh dr satu mdia yg konvergen, misalnya mnggabungkn unsur audio & visual.
- Brsifat interaktif, dlm pengertian mmiliki kemampuan untuk mngakomodasi respon pengguna.
- Brsifat mandiri, dlm pengertian mmbri kemudahan & kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bs mnggunakn tanpa bimbingan orang lain.
Selain mmnuhi ketiga karakteristik tersebut, multimdia pmbljran sebaiknya mmnuhi fungsi sbg brikut:
- Mampu mmperkuat respon pengguna secepatnya & sesering mungkin.
- Mampu mmbrikn kesempatan kepada siswa untuk mngontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
- Mmperhatikn bhw siswa mngikuti suatu urutan yg koheren & terkendalikn.
- Mampu mmbrikn ksempatn adanya partisipasi dr pengguna dlm bentuk respon, baik brupa jwbn, pemilihan, kputusn, prcobaan & lain-lain.
Kriteria yg paling utama dlm pmilihan mdia bhw mdia harus dsesuaikn dg tujuan pmbljran atw kompetensi yg ingin dicapai. Contoh: bila tujuan atw kompetensi peserta didik brsifat mnghafalkn kata-kata tentunya mdia audio yg tepat untuk digunakn.
Jika tujuan atw kompetensi yg dicapai brsifat mmahami isi bacaan maka mdia cetak yg lbh tepat digunakn. Kalau tujuan pmbljran brsifat motorik (gerak & aktivitas), maka mdia film & video bs digunakn. Di samping itu, trdpt kriteria lainnya yg brsifat mlengkapi (komplemnter), seperti: biaya, ketepatgunaan; keadaan peserta didik; ketersediaan; & mutu teknis.
Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
No comments:
Post a Comment
Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks