Kberagaman pendpt ttg Lab Multimedia dpt menyulitkn pihak sekolah ktika mrk akn merealisasikn kberadaannya di lingkungan sekolah. Ide pmbangunn Lab Multimedia ddasari oleh knyataan bhw bbrp topik mata pljrn tdk dpt dpaprkn kpada siswa scra mudah namun dpt disajikn dg mudah menggunakn teknologi multimedia Scra khusus, dhrpkn pngntr ini dpt membuka wawasan pengelola sekolah ttg manfaat yg dpt diambil oleh sekolah trhdp kberadaan Lab Multimedia terkait fungsional yg dilayani, shg memicu kinginan u/ mngoperasionalknnya.
Yg dmaksud Lab Multimedia a/ fungsional lab (tempat praktikum) yg mampu memfasilitasi bbrp aktifitas praktikum sekolah dg menggunakn Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK). Atau scra teknis, Lab Multimedia dpt digambarkn sbg ruangn lab berisi seperangkat komputer berikut prangkat audio visualnya yg saling terintegrasi, dilengkapi dg program aplikasi yg sesuai u/ memberikn layanan tambahan trhdp lab konvensional.
Alasan lain yg dikmukakn terkait pentingnya membangun lab multimedia a/ bhw hampir seluruh fungsional lab konvensional (Lab. Bahasa, Lab. IPA, & Lab. Komputer) dpt diperkaya oleh fungsional Lab Multimedia. Hal ini dpt trjadi krna karakteristik teknologi multimedia yg mampu mngolah data teks, gambar, gambar brgerak (video & animasi), serta suara kdalam suatu kmasan aplikasi, shg suatu topik mata pljrn dpt disampaikn scra komprehensif (tdk terpotong potong) mnggunakn aplikasi multimedia ini. Menggunakn aplikasi ini, belajar menjadi lebih mnyenangkn, materi menjadi lebih mudah dipahami, memungkinkn pmbljrn scra mandiri; & ksemuanya itu, muaranya a/ peningkatan kualitas pembelajaran & kualitas lulusan.
Scra ideal fungsi pokok dari suatu lab multimedia yg akn dbngun harus mmenuhi fungsi dbwah ini:
1. Interaksi antara Guru Murid & Murid murid
2. Pnayngn Video Pembelajaran
3. Latihan Mata Pljrn Interaktif (online)
4. Simulasi Kasus berbasis multimedia
5. Operasionalisasi eAudioBook
6. Operasionalisasi eBook
7. Menyediakn Ensiklopedi Digital
Bnyk sekolah berpikir bhw pmbangunn lab multimedia hny dilihat dari sisi fisik saja. Shg yg terjadi fungsionalitas pokok suatu lab multimedia tdk brjaln spt yg dhrpkn. Hal itu trjadi krena yg mmbangun hny mngerti mslh hardware saja, tanpa a&ya upaya kberlanjutan u/ membimbing Sumber Daya Manusia di Sekolah u/ mengoptimalkn lab multimedia dlm proses bljr mngajr shg mempunyai kapasitas & kapabilitas dalam:
- Penyediaan Hardware yg kompatibel
- Kpastian Optimalisasi Fungsionalitas Lab Multimedia
- Training SDM Sekolah dalam memanfaatkn Lab. Multimedia
- Kberlanjutan Pngembngn kualitas SDM guru & pngayaan bhn ajar multimedia guna mndukung lab. Multimedia. Dalam pelaksanaannya, lab Multimedia dsesuaikn dg kondisi sekolah.
Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
No comments:
Post a Comment
Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks