Kreativitas Siswa
1. Pengertian
Kreativitas yg dimiliki oleh manusia sejak dilahirkn ke dunia suatu yg wajar. Dmkian juga dgn guru, krn kreativitasnya itu mk sseorang dpt mngaktualkn dirinya. Di sini trutama dlm penggunaan mdia pembljran mngingat perann guru yg sngt besar dlm pmbntukn sikap & mntal srta pengembangan intelektualitas anak yg dimilikinya.
Nanda Sudjana ( 1987 : 20 ) mngatakn bhw kreativitas ”mrupakn cr atw usaha mmpertinggi atw mngoptimalkn kegiatan bljr siswa dlm proses pembljran ”. Pengaruh yg diberikn oleh guru dlm pendekatannya dgn siswa bisa saja lebih besar dibandingkn dgn yg dimiliki oleh orang tuanya. Hal ini disebabkn oleh kesempatan untuk mmotivasi siswa lebih bnyk dari orang tua siswa.
Penggunaan mdia oleh guru dlm proses pembljran, tentunya tidak terlepas dari bagaimana guru tersebut mngajar. Guru perlu mmperhatikn pedoman datw falsafah dlm mngajar. Ini akn bermanfaat guna pencapaian tujuan pembljran yg ditetapkn sebelumnya. Samion AR ( 2001 : 4 ) mnyatakn bhw:
Falsafah mngajar yg harus diperhatikn oleh guru dlm mnumbuhkn kreativitas siswa a/ :
- Mngajar a/ sngt penting & sngt mnyenangkn
- Siswa patut dihargai & disaygi sbagai pribadi yg unik
- Siswa hndaknya mnjadi plajar yg aktif
Dgn mmperhatikn pendpt di atas & mlaksanakn secr optimal, mk guru dlm pnggunaan mdia jg hrus mmperhatikn hal-hal tersebut. Mdia yg dipergunakn sbg alat bantu dpt saja mnjd pendorong bagi anak didik. Mmpermudh untuk mmahami materi yg disajikn. Pendorong agar para guru mmpunyai daya kreativitas tinggi tentunya berpengaruh dgn cita-cita. Cita-cita disini mrupakn pusat dari bermacam-macam kebutuhan, artinya kebutuhan-kebutuhan biasanya dipusat di sekitar cita-cita itu.
Guru perlu mmpunyai cita-cita dlm prencanaan & peggunaan mdia, krn cita-cita di sini mampu mmposisikn energi psikis untuk bljr mmanfaatkn mdia & juga dlm penggunaan pendidikn. Dlm pencapaian cita-cita tersebut guru perlu mlakukn langkah-langkah agar kreativitas siswa & pembljran dpt berhasil guna. Upaya-upaya yg dilakukn guru dlm mnciptakn kreativitas anak a/ :
a. Mnetapkn bhn pembljran & mnyediakn mdia yg dipergunakn dlm proses pembljran
Bhn pembljran mrupakn isi yg diberikn kepada siswa pada saat berlangsungnya proses pembljran. Bhn yg disajikn inilah mngantarkn siswa pada tujuan pengajaran. Salah satu cr untuk mmpermudah dlm pencapaian tujuan pengajaran tentunya mnggunakn mdia yg mana mdia mmpunyai keterkaitan dgn bhn yg disampaikn ( relevansi )
b. Pelaksanaan kegiatan bljr mngajar
Kegiatan bljr mngajar, tentunya mmpunyai hubungan yg erat dgn materi pelajaran. Guru mmpunyai keinginan supaya anak didiknya berkembang perlu dpt mngoptimalkn kegiatan bljr mngajar. Dimana kegiatan itu dilakukn oleh guru sebagai pendidik & siswa sebagai penerima materi di dlm interaksinya dlm bljr mngajar.
Kegiatan bljr mngajar itu dihubungkn dgn cr guru mnyampaikn materi pelajaran agar dpt dipahami oleh anak didik, & anak atw siswa mnerima materi yg disampaikn oleh guru tersebut. Perlu untuk diketahui bhw kegiatan bljr siswa bnyk dipengaruhi oleh kegiatan guru.
2. Kemampuan Siswa Dlm Mngekpresikn Gagasan Sebagai Wujud Kreativitas
Dlm kaitannya dgn kreativitas Supriadi ( 1989 : 303 ) mngatakn ciri kehidupan sekolah yg kondusif untuk tumbuhnya kreativitas keilmuan a/ :
- Mmberikn peluang kepada siswa untuk mngekspresikn gagasan secr aman. Mngeluarkn pendpt mrupakn suatu keinginan yg harus dihargai oleh guru, agar dlm mmbuat mdia pengajaran, tidak dimonopoli oleh guru . Siswa dilibatkn krn tujuan pembljran semuanya a/ untuk keberhasilan siswa
- Mnghargai prestasi siswa
- Mnghargai imajinasi siswa
- Mnghormati keunikn individu siswa
- Mnyediakn sumber-sumber informasi yg mmadai untuk kebutuhan siswa
- Mampu mngakomodasikn minat siswa yg beragam
- Mlatih kepekaan siswa
Kmampuan siswa dlm mngemukakn pendptnya harus dihargai & bagaimana crnya agar siswa trsbut tidak mrasa mmpunyai kekurangan dlm mnumbuhkn kreativitasnya, dgn mnggunakn mdia pembljran berbasis TIK tentu saja diharapkn siswa mampu mnumbuhkn kreativitasnya dgn maksimal yg terdpt di dlm diri mreka. Seorang anak yg mmpunyai kreativitas tinggi tentunya brbeda dgn siswa yg mmpunyai kreativitas rendah.
Siswa yg mmpunyai kreativitas tinggi tentunya akn mampu mnyelesaikn permasalahan dgn cepat & tanggap terhadap permasalahan yg muncul. Se&gkn siswa yg berkreativitas rendah terlihat kurang mnanggapi permasalahan dlm pembljran. Siswa yg kurang kreativitas tidak akn bisa dgn cepat mnyelesaikn tugas, & apabila kesulitan dlm mmbuat tugas siswa tersebut terlambat reaksinya untuk bertanya kepada orang lain.
Penggunaan Mdia Pembljran Berbasis TIK Dlm Mningkatkn Kreativitas Siswa
Mdia pembljran berbasis TIK sngt erat kaitannya dgn kreativitas anak, & anak yg mmpunyai kreativitas tentunya anak yg perkembangannya baik & mampu mnyelesaikn permasalahan dgn baik pula & mreka tidak ingin mmpermasalahkn berlarut-larut & secepatnya diselesaikn.
Kreativitas yg mrupakn kemampuan sseorang untuk mngaktualkn dirinya dlm pergaulan & juga dlm pembljran di sekolah. Hal ini yg diharapkn agar dgn a&ya mdia pembljran atw dgn mnggunakn mdia pembljran berbasis TIK anak dpt kreatif & berkembang sesuai yg diinginkn. Adapun ciri-ciri anak yg mmpunyai kreativitas tinggi mnurut Asep H. Hermawan (1997 : 50):
- selalu ingin mngetahui ssuatu yg benar
- selalu ingin mngubah ssuatu yg tlah ada
- mncoba hal-hal yg baru
Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com
No comments:
Post a Comment
Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks