Laman

Thursday, May 26, 2011

Introduction to Management

Introduction to Management
Sebagian besar dari hidup kita adalah menjadi salah satu bagian dari suatu organisasi baik yang berskala besar maupun kecil, baik itu organisasi masyarakat yang bersifat komunal maupun organisasi yang besar. Beberapa dari organisasi tersebut ada yang bersifat formal dan terorganisir dengan rapi maupun yang bersifat non-formal. Apapun jenis dari suatu organisasi, salah satu elemen yang membedakan suatu organisasi dengan organisasi yang lainnya adalah tujuan yang akan dicapai oleh organisasi itu. Ragam dari tujuan organisasi yang ada merupakan alasan utama adanya organisasi itu dibentuk, without goals there will be no organizations.

Lingkungan bisnis berubah begitu cepat yang ditandainya dengan lajunya perkembangan teknologi informasi yang mempercepat era globalisasi, yang memaksa adanya perubahan bentuk organisasi menjadi fleksibel, ramping dan tanggap terhadap perubahan lingkungan. Kegiatan organisasi dilaksanakan melalui kerjasama tim, dan tim tersebut harus memahami semua fungsi yang ada melalui cross functional team. Agar mempunyai daya saing yang tinggi (competitive advantages), organisasi dapat melakukan re-engineering dan melaksanakan Total Quality Management, yaitu filosofi yang mengatakan bahwa seluruh anggota organisasi berusaha menerapkan semua konsep manajemen yang mengarah pada perbaikan terus menerus. 
Setiap organisasi mempunyai keterbatasan akan sumber daya manusia, dan modal untuk mencapai tujuan organisasi. Dan keberhasilannya tergantung pada cara penggunaan sumber daya organisasi yang dimiliki dan manajemen menetukan efektivitas dan efesiensi kegiatan-kegiatan organisasi. Menurut Peter Drucker, efisiensi ditenkankan pada melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right) sedangkan efektif adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things).

Efektif mengacu pada pencapaian tujuan (goals) sedangkan efisiensi mengacu pada kegiatan penggunaan sumber daya secara minimum untuk menghasilkan out-put yang telah ditentukan dan bagi manajemen diutamakan efektif lebih dahulu baru efisiensi. Dengan demikian suatu organisasi membutuhkan manajemen karena:
1. pencapaian tujuan secara effective dan efficiency
2. skala prioritas, keseimbangan tujuan-tujuan yang saling bertentangan
3. keunggulan daya saing (competitive advantages)


salam kekuatan berawal dari hati  bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks