Laman

Saturday, May 28, 2011

Management Definition

1. Management Definition
Mengenai pengertian dari manajemen banyak pendapat dari para tokoh manajemen Dari sedemikian banyak pendapat tak ada satupun pendapat yang secara universal bisa diterima, karena hal ini dipengaruhi oleh sifat manajemen yang merupakan suatu ilmu pengetahuan karena mengandung prinsip-prinsip (principles of management), dan hubungan sebab akibat yang jelas. Sesuatu yang dinamakan ilmu pada dasarnya berkembang menurut garis lurus, atau “linear development”. Manajemen tidak mungkin berkembang kecuali menurut garis lurus mengingat bahwa manajemen mengandung semacam built-in mechanism yang senantiasa mengarahkan agar supaya manajer dapat memperoleh hasil yang lebih baik secara terus menerus. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa manajemen juga merupakan suatu seni. Berikut beberapa pendapat mengenai definisi manajemen:

1.1 Mary Parker Follet, Management has been called “the art of getting things done through people”. This definition calls attention to the fact that managers achieve organization goals by arranging for others to perform whatever tasks maybe necessary – not by performing the tasks themselves.
Pendapat Mary Parker Follet bahwa manajemen adalah merupakan seni menyelesaikan tugas melalui orang lain, didasarkan pada bukti bahwa para manajer dalam mencapai tujuan organisasinya dengan melakukan pengarahan dan pengelolaan dari para anggota organisasinya untuk melaksanakan tugas dalam mencapai sasaran organisasi tanpa harus melaksanakannya sendiri.

1.2 Encyclopedia of The Social Sciences, manajemen diartikan sebagai sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.

1.3 Thomas H. Nelson, adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orangorang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

1.4 George R. Terry, diartikan sebagai proses yang khas yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran-sasaran dengan memanfaatkan sumberdaya manusia dan sumber daya lainnya.

1.5 James A. F. Stoner, management is the process of planning, organizing, leading and controlling the efforts of organization members and of using all other organizational resources to achieve stated organizational goals.
Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sebabnya manajemen dikatakan sebagai seni adalah salah satu aspek dari pada aspek kegiatan manajemen itu sendiri, yakni bahwa seorang manajer karena keadaan memaksanya untuk senantiasa peka, perasa dan sering menggunakan indera keenam atau hunch. Hal ini seringkali diperlukan oleh para manajer terutama dalam melakukan pengambilan keputusan. Namun demikian, perasaan peka (hunch), bukanlah satusatunya aspek kegiatan manajemen.

Berdasarkan uraian diatas, maka bisa dikatakan bahwa manajemen adalah suatu ilmu mengurus/ mengelola, yang mengandung berbagai aspek yang selalu dipergunakan oleh manajer, antara lain merencanakan, mengumpulkan data untuk mengambil sesuatu keputusan, dan memelihara jalannya administrasi atau implementasi agar supaya sasaran utama organisasi itu dapat dicapai dengan memuaskan. Sehingga untuk mencapai sasaran maka berbagai kegiatan harus diambil, dan keseluruhan daripada kegiatan ini merupakan satu kesatuan proses yang bergerak menuju sasaran manajemen. 

Proses yang mengandung kegiatan-kegiatan membutuhkan sumber daya manusia maupun sumber daya lain. Hingga kini belum ada suatu kegiatan ekonomi maupun non-ekonomi yang sudah dapat mengabaikan sama sekali peran human resources. Dalam hal manajemen, penggunaan tenaga manusia adalah suatu keharusan, dan itulah sebabnya dikatakan bahwa manajemen adalah kegiatan untuk mencapai sasaran melalui kegiatan orang lain dan peralatan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks