Laman

Friday, June 10, 2011

BAGIAN III Thesis - 1 Seminar dan Sidang Pendadaran

BAGIAN III Thesis
1 Seminar dan Sidang Pendadaran
Tesis merupakan suatu prasyarat wajib bagi seluruh mahasiswa MTI yang telah menginjak cawu 4, dengan bobot 6 sks. Dalam mengerjakan tesis ini, secara umum seorang mahasiswa diarahkan untuk mengangkat suatu permasalahan yang ada di dunia TI (studi kasus) yang nantinya akan dipecahkan mengikuti kaidah-kaidah yang selama ini sudah dipelajarinya di MTI.

Karena tesis sangat penting, maka MTI menggunakan suatu sistem pemantauan terpadu yang melibatkan seluruh komponen mulai dari pengelola, dosen pembimbing dan mahasiswa itu sendiri. Salah satu mekanismenya adalah dengan mengadakan sistem 4 kali seminar pra-pendadaran yang akan menghantarkan mahasiswa menuju kesiapan dalam menghadapi pendadaran. Seminar-seminar tersebut berfungsi seperti yang diharapkan MTI membentuk suatu mekanisme seperti berikut.

1.1 Proses Pelaksanaan Seminar
1. Seminar diadakan secara rutin setiap bulan
2. Satu sesi seminar digunakan oleh beberapa mahasiswa sekaligus untuk mempresentasikan kemajuan penelitiannya. Dengan demikian sebuah sesi seminar dihadiri oleh beberapa dosen pembimbing dari mahasiswa-mahasiswa tersebut.
3. Sebuah sesi seminar berlangsung kurang lebih 2 jam. Alokasi waktu untuk presentasi dan diskusi tentang kemajuan penelitian adalah 30 menit untuk tiap mahasiswa.
4. Seminar bersifat terbuka, dalam pengertian:
- dapat dihadiri oleh mahasiswa lain selain yang dijadwalkan pada hari tersebut.
- dosen selain dosen pembimbing seorang mahasiswa dapat memberikan masukan, saran, atau komentar terhadap presentasi mahasiswa yang bersangkutan.
5. Seminar dipimpin oleh dosen dengan jabatan tertinggi diantara dosen-dosen lain yang hadir.

1.2 Lingkup dan Tujuan
Mahasiswa MTI diwajibkan untuk mengikuti seluruh rangkaian seminar pra-pendadaran, karena masing-masing seminar mempunyai lingkup dan tujuan yang berbeda-beda.
Seminar I - Dasar dan Persiapan
Seminar I bertujuan memaparkan kemajuan mengenai kelayakan (properness) proposal penelitian, termasuk di dalamnya misalnya latar belakang, identifikasi permasalahan/ hipotesis, tujuan yang diharapkan, studi pustaka, metodologi penelitian atau strategi penyelesaian masalah.
Seminar II – Rancangan
Seminar II bertujuan memaparkan kemajuan mengenai strategi dan rancangan penyelesaian masalah, termasuk di dalamnya misalnya pemodelan-pemodelan, desain dan lain-lain yang terkait dengan aspek perancangan sistem.
Seminar III – Implementasi
Seminar III bertujuan memaparkan kemajuan mengenai implementasi/ penerapan dari rancangan sistem yang telah didiskusikan pada Seminar II.
Seminar IV - Analisis/ Konsolidasi
Seminar IV bertujuan memaparkan kemajuan mengenai hasil implementasi. Didalamnya akan didiskusikan analisis dari hasil dan proses ujinya. Tahap ini dapat juga dimanfaatkan untuk melihat kembali (review) tentang tahap-tahap sebelumnya.

Urutan lingkup dan tujuan yang jelas diharapkan dapat mencegah terjadinya pengulangan tentang materi presentasi.

1.3 Fungsi Kontrol Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji
Dosen pembimbing berkewajiban membimbing mahasiswa dalam mencapai tingkat kemajuan yang disyaratkan oleh masing-masing tahapan seminar. MTI menggunakan Formulir Laporan Kemajuan Seminar yang akan diberikan ke setiap dosen penguji seminar dan mahasiswa untuk membantu proses pembimbingan tersebut.
1. Pada saat seminar, formulir diberikan kepada semua dosen penguji untuk diisi.
2. Dosen penguji memberikan komentar/saran dengan cara mengisi kolom yang telah disediakan.
3. Setelah seminar selesai, formulir diberikan ke Pengelola MTI yang selanjutnya akan meneruskannya ke mahasiswa dan dosen pembimbing I.
4. Mahasiswa dan dosen pembimbing mendiskusikan semua hasil evaluasi yang masuk. Keputusan final tentang saran dan komentar berada di dosen pembimbing I. Dosen pembimbing berhak mengubah, menambah atau membatalkan saran dari dosen penguji lain.
5. Mahasiswa berkewajiban melaksanakan semua komentar/ saran yang telah disetujui dosen pembimbing.
6. Setelah menyelesaikan kewajibannya, mahasiswa melapor ke dosen pembimbing untuk mendapatkan persetujuan.
Dosen pembimbing diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk menyelesaikan kewajibannya tepat waktu agar tidak mengganggu kelancaran studi mahasiswa yang bersangkutan.

 Salam Kekuatan Berawal Dari Hati bayoete.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar maupun Pesannya.... lampirkan alamat email atau web anda:..... Thanks